KINERJA FILTER BIOREAKTOR (FtBR) DAN IDENTIFIKASI BAKTERI DALAM PENYISIHAN NITROGEN MENGGUNAKAN INOKULUM LUMPUR INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) PABRIK PUPUK

IING SURYA, MARLIS (2023) KINERJA FILTER BIOREAKTOR (FtBR) DAN IDENTIFIKASI BAKTERI DALAM PENYISIHAN NITROGEN MENGGUNAKAN INOKULUM LUMPUR INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) PABRIK PUPUK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. BAB V (1).pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Full Text)
Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kualitas efluen yang dihasilkan pada pengolahan air limbah (IPAL) pabrik pupuk untuk parameter nitrogen belum memenuhi baku mutu, sehingga dibutuhkan alternatif pengolahan tambahan yang lebih efektif yaitu proses anaerobic ammonium oxidation (anammox). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyisihan nitrogen menggunakan lumpur dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pabrik pupuk sebagai inokulum dengan proses anammox menggunakan Filter Bioreactor (FtBR) dan identifikasi bakteri. Air limbah artifisial dialirkan secara kontinu dengan konsentrasi amonium dan nitrit masing-masing 70 mg-N/L, HRT 24 jam dan dioperasikan selama 212 hari pada suhu 35oC. Konsentrasi amonium, nitrit dan nitrat dianalisis menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan identifikasi komunitas bakteri menggunakan Illumina Miseq sequencing. Kinerja penyisihan nitrogen dengan parameter ammonium conversion efficiency (ACE), nitrogen removal efficiency (NRE), dan nitrogen removal rate (NRR) pada penelitian ini adalah 93,79%, 81,49% dan 0,147 kg-N/m3.hari pada nitrogen loading rate (NLR) 0,149 kg-N/m3.hari. Biomassa berwarna merah tumbuh pada filter sebagai indikator biomassa bakteri anammox. Identifikasi bakteri menunjukkan 2 spesies bakteri anammox yaitu Candidatus Brocadia sinica (5,71 %) dan Candidatus Anammoxoglobus propionicus (2,01 %) tumbuh pada FtBR dari total keseluruhan komunitas bakteri. Hal ini menunjukkan bahwa proses anammox menggunakan lumpur IPAL pabrik pupuk dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pengolahan air limbah yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Eng Zulkarnaini Dr. Puti Sri Komala
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s2 teknik lingkungan
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:10
Last Modified: 14 Sep 2023 02:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214212

Actions (login required)

View Item View Item