Penampilan Sicantuang, Gombak, Bauak dan Kombinasinya Pada Ayam Yang Dipelihara Di Komunitas Pecinta Ayam Kokok Balenggek Kota Padang

Kurnia, Anhary (2023) Penampilan Sicantuang, Gombak, Bauak dan Kombinasinya Pada Ayam Yang Dipelihara Di Komunitas Pecinta Ayam Kokok Balenggek Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab V (Penutupan))
Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (FullText)
FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penampilan sicantuang, gombak, bauak dan kombinasinya pada ayam yang dipelihara di komunitas pecinta ayam kokok balenggek Kota Padang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam yang memiliki penampilan sicantuang, gombak, bauak dan kombinasinya sebanyak 66 ekor jantan dan 85 ekor betina yang dipelihara oleh 16 peternak yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Ayam Kokok Balenggek Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dilakukan secara metode purposive sampling yaitu Ayam Sicantuang, Gombak, Bauak dan kombinasinya yang sudah dewasa kelamin. Parameter yang diamati yaitu penampilan Sicantung, Gombak, Bauak dan kombinasinya, warna bulu, warna mata, warna ear lobe, bentuk jengger, warna paruh dan warna shank. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa persentase ayam yang memiliki penampilan Sicantuang, Gombak, Bauk dan kombinasinya pada jantan sebanyak 22,99% dan pada betina sebanyak 23,16%. Penampilan yang terbanyak adalah yang memiliki Sicantuang Gombak baik pada jantan maupun betina dengan persentase 28,79% dan 28,24%. Karakteristik sifat kualitatif warna bulu pada jantan yang tertinggi adalah warna putih 53,03%, ear lobe merah 62,12%, warna mata kuning 59,09%, bentuk jengger tunggal 100%, warna paruh putih/kuning 72,73% dan warna shank putih/kuning 69,70%, sedangkan pada betina yaitu sifat kualitatif warna bulu yang tertinggi adalah warna putih 50,59%, ear lobe merah 55,29%, warna mata kuning 71,76%, bentuk jengger tunggal 100%, warna paruh putih/kuning 63,53% dan warna shank putih/kuning 52,94%. Kata Kunci : Bauak, Gombak, Sicantuang, Sifat Kualitatif, Identifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Firda Arlina, M.Si
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:33
Last Modified: 18 Sep 2023 08:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214198

Actions (login required)

View Item View Item