Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan ke Amerika Serikat

Fadhila, Sudian (2023) Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan ke Amerika Serikat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_Fadhila Sudian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses masuknya hallyu ke Amerika Serikat mengalami hambatan berupa persepsi negatif yang muncul dari publik Amerika Serikat. Pemerintah Korea Selatan terus berupaya hingga hallyu pada akhirnya dapat diterima di Amerika Serikat. Namun pemerintah Korea Selatan menghadapi tantangan terutama dalam memaksimalkan potensi dari hallyu sehingga pemerintah melibatkan aktor privat dalam pelaksanaan diplomasi publik. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana upaya diplomasi publik Korea Selatan ke Amerika Serikat dengan meninjau keterlibatan pemerintah dan SM Entertainment sebagai aktor privat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya dari SM Entertainment sebagai aktor privat dan pemerintah Korea Selatan, serta kemitraan antara pemerintah-privat dalam pelaksanaan diplomasi publik, khususnya ke Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Penelitian ini menggunakan konsep diplomasi publik yang meninjau upaya diplomasi publik berdasarkan konsep yang dijelaskan oleh Candace L. White. Penelitian ini menemukan bahwa pemerintah Korea Selatan dan SM Entertainment memenuhi upaya diplomasi publik yang mencakup foreign policy/political communication, cultural diplomacy, foreign investment, branding (nation/place/destination), brand/product/export, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Namun dalam pelaksanaan diplomasi publik ke Amerika Serikat, pemerintah Korea Selatan membutuhkan kerja sama dengan SM Entertainment untuk memenuhi indikator branding. Hal menarik yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu ditemukan keterlibatan selebriti dalam seluruh kontribusi oleh SM Entertainment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: SM Entertainment, Diplomasi Publik, Hallyu, Korea Selatan, Amerika Serikat
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:44
Last Modified: 14 Sep 2023 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214180

Actions (login required)

View Item View Item