Analisis Pengaruh Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi dan IPM Terhadap Ketimpangan Pembangunan Antardaerah Provinsi Sumatera Barat

Andripan, Ilham (2023) Analisis Pengaruh Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi dan IPM Terhadap Ketimpangan Pembangunan Antardaerah Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketimpangan pembangunan ekonomi antardaerah merupakan permasalahan utama yang sering terjadi pada saat proses pembangunan ekonomi di suatu daerah. Meskipun ketimpangan pembangunan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat yang diukur menggunakan Indeks Williamson menunjukan tingkat ketimpangan yang tergolong rendah selama masa penelitian mulai tahun 2013-2022. Namun, kondisi PDRB per kapita dan Belanja daerah yang meningkat setiap tahunnya belum bisa menjamin kesejahteraan masyarakat, dan terjadinya aglomerasi yang cukup tinggi di wilayah tertentu dan Indeks Pembangunan Manusia yang berbeda-beda antardaerah menyebabkan ketimpangan pembangunan ekonomi semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi ketimpangan pembangunan antar daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat tahun 2013-2022 yaitu Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi dan IPM. Penelitian ini menggunakan metode analisis data panel dengan estimasi Random Effect Model (REM) untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan software Rstudio. Kemudian, berdasarkan analisis regresi data panel dengan estimasi REM menunjukan bahwa variabel Belanja Daerah, Aglomerasi dan IPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah, serta variabel PDRB Perkapita berpengaruh negatif dan signifikan, terhadap Ketimpangan Pembangunan Antar daerah. Secara bersama-sama, variabel Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi dan IPM berpengaruh secara signifikan terhadap Ketimpangan Pembangunan Antardaerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013-2022. Kata Kunci : Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi, Indeks Pembangunan Manusia, dan Indeks Williamson.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Indah Maya Sari, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Belanja Daerah, PDRB Perkapita, Aglomerasi, Indeks Pembangunan Manusia, dan Indeks Williamson.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S1 Ekonomi
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:02
Last Modified: 14 Sep 2023 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214149

Actions (login required)

View Item View Item