SUBSTITUSI KONSENTRAT DENGAN Indigofera zollingeriana DAN GAMBIR DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI BK, BO, PRODUKSI SUSU DAN PRODUKSI GAS METAN PADA KAMBING PE

RIFA, RATNA SARI (2023) SUBSTITUSI KONSENTRAT DENGAN Indigofera zollingeriana DAN GAMBIR DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI BK, BO, PRODUKSI SUSU DAN PRODUKSI GAS METAN PADA KAMBING PE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
Bab V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan I.zollingeriana sebagai pengganti konsentrat yang disuplementasi gambir dalam ransum terhadap konsumsi BK, BO, produksi susu dan produksi gas metan pada kambing PE. Penelitian ini menggunakan 15 ekor kambing PE. Bahan pakan yang digunakan terdiri dari rumput lapangan, I.zollingeriana, konsentrat yang terdiri dari ampas tahu, kulit nangka, tepung ubi kayu, gambir dan mineral. Ransum disusun berdasarkan kebutuhan bahan kering sebesar 4% dari bobot badan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 ransum perlakuan dan 5 kelompok. Perlakuan terdiri dari A (60% rumput lapangan + 40% konsentrat), B (60% rumput lapangan + 30% I.zollingeriana + 10% konsentrat) dan C (60% rumput lapangan + 30% I.zollingeriana + 10% konsentrat + 1% gambir). Peubah yang diukur pada penelitian ini adalah konsumsi BK, BO, produksi susu dan produksi gas metan. Data dianalisis dengan analisis ragam dan perbedaan rataan antar perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi BK, BO, produksi susu dan produksi gas metan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggantian konsentrat dengan 30% I.zollingeriana yang disuplementasikan 1% gambir meningkatkan produksi susu dan menurunkan produksi gas matan pada kambing PE. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi BK 1,83 kg/ekor/hari, konsumsi BO 1,69 kg/ekor/hari, produksi susu 1,50 liter/ekor/hari dan produksi gas metan 1,27 kilojoule/ekor/hari. Kata kunci : I.zollingeriana, gambir, konsumsi, produksi susu, gas metan, kambing PE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, MS
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:24
Last Modified: 14 Sep 2023 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214117

Actions (login required)

View Item View Item