Efektivitas Ekstrak Biji Teratai (Nymphaea pubescens Willd) untuk Perbaikan Fungsi Kognitif dan Tingkat Keamanannya pada Mencit yang Diinduksi Trimetiltin

Dinda, Fadhilah Belahusna (2023) Efektivitas Ekstrak Biji Teratai (Nymphaea pubescens Willd) untuk Perbaikan Fungsi Kognitif dan Tingkat Keamanannya pada Mencit yang Diinduksi Trimetiltin. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (TESIS UTUH)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Neurodegenerasi adalah penyakit yang mengakibatkan degenerasi progresif dan kematian sel saraf di otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap khasiat ekstrak biji teratai (Nymphaea pubescens Willd) melalui analisis in silico, fungsi kognitif dan indikator toksisitas. Induksi degenerasi otak pada hewan model mencit putih jantan dilakukan dengan penginjeksian secara intraperitoneal senyawa trimetiltin (TMT 0,6 mg/kgBB) satu kali. Tiga hari kemudian mencit diberi ekstrak etanol biji teratai secara oral dengan dosis berbeda yaitu 200, 400, dan 600 mg/kgBB setiap hari selama 28 hari. Selanjutnya, uji in silico dilakukan dengan network pharmacology dan molecular docking. Fungsi kognitif mencit dievaluasi meliputi uji kecerdasan bawaan (innate) dengan pembuatan sarang, dan uji kecerdasan memori dengan Novel Object Recognition Test (NORT). Berikutnya dilakukan pengukuran aktivitas katalase dan histopatologi jaringan otak. Uji toksisitas dilakukan untuk melihat tingkat keamanan esktrak biji N. pubescens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa ekstrak biji N. pubescens yaitu Ellagic acid glucoside, 8-Demethyleucalyptin, Chalcone, dan 2,4,6-trihydroxybenzoic acid berperan sebagai neuroprotektor. Senyawa ekstrak biji N. pubescens berpegaruh signifikan dalam meningkatkan fungsi memori dalam uji pembuatan sarang dan uji pengenalan objek. Senyawa ekstrak biji N. pubescens berpegaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas katalase dan menurunkan degenerasi sel piramidal di hipokampus dan korteks serebri. Selain itu, senyawa ekstrak biji N. pubescens tidak bersifat toksik berdasarkan indikator toksisitas. Dari data-data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak biji N. pubescens sangat efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah neurodegenerasi pada hewan uji mencit putih yang diinduksi dengan TMT, serta dosis ekstrak aman digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:38
Last Modified: 13 Sep 2023 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214108

Actions (login required)

View Item View Item