Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Geril, Jeneri (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Geril Jeneri 1910841002 Final ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Geril Jeneri, NIM 1910841002, Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang 2023. Dibimbing Oleh Drs. Yoserizal, M.Si dan Kusdarini, S.IP, M.PA. Skripsi ini terdiri dari 173 halaman dengan referensi menggunakan 13 buku teori, 5 buku metode, 4 Skripsi, 7 Jurnal, 8 Website, 5 Peraturan, dan 4 Dokumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peraturan daerah Kabupaten Rejang Lebong dalam manajemen pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang bertujuan terwujudnya kesiapan, kesigapan, dan keberdayaan masyarakat, pengelola bangunan gedung, serta Dinas terkait dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran. Banyak bangunan yang belum memiliki sistem proteksi keamanan kebakaran yang baik, untuk itu dengan adanya peraturan ini dapat meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran. Penelitian ini menggunakan metode dan desain penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dibantu dengan metode observasi dan dokumentasi dengan teknik pemilihan informan yaitu teknik purposive sampling, dengan teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber. Untuk menganalisis hasil temuan peneliti, penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan yang dicetuskan oleh Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn yang terdiri dari 6 variabel yaitu standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi dan kegiatan-kegiatan pelaksana, karakteristik organisasi pelaksana, disposisi implementor, dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran belum ter implementasi dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh masalah-masalah pada sumber daya manusia, finansial, dan sarana dan prasarana, pola hubungan yang terjadi baik itu komunikasi ataupun koordinasi internal dan eksternal. Juga pengaruh kondisi lingkungan kebijakan khususnya lingkungan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.Yoserizal, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:17
Last Modified: 13 Sep 2023 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214102

Actions (login required)

View Item View Item