HUBUNGAN MUTU PELAYANAN, PEKERJAAN DAN PENDAPATAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DALAM PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS AMBACANG KOTA PADANG TAHUN 2023

Dinda, Syafitrillah (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN, PEKERJAAN DAN PENDAPATAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DALAM PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS AMBACANG KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT_Dinda Syafitrillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. Berdasarkan studi awal 6 dari 10 pasien kurang puas terhadap pelayanan rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan, pekerjaan dan pendapatan pasien terhadap tingkat kepuasan dalam pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Ambacang Kota Padang tahun 2023. Metode. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Agustus 2023, dengan sampel 105 responden menggunakan metode simple random block sampling. Data dianalisis secara univariat, metode Importance Performance Analysis, dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil. Hasil menunjukkan lebih dari setengah responden (64,8%) menyatakan puas terhadap pelayanan rawat jalan. Prioritas utama peningkatan kinerja yaitu memberikan pelayanan dengan cepat, sedangkan atribut yang paling memuaskan yaitu petugas bersedia mendengarkan keluhan pasien. Terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan (p-value=0,001) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan (p-value=0,106) dan pendapatan (p-value=0,599) terhadap tingkat kepuasan dalam pelayanan pasien rawat jalan. Kesimpulan. Terdapat 6 atribut mutu pada kuadran A yang belum memuaskan. Adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan, dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan dan pendapatan terhadap tingkat kepuasan dalam pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Ambacang Kota Padang. Disarankan puskesmas melakukan perbaikan sistem pelayanan, monitoring dan evaluasi serta pengawasan secara berjenjang terhadap kinerja petugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch. Tuty Ernawati, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Pekerjaan, Pendapatan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:26
Last Modified: 14 Sep 2023 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214091

Actions (login required)

View Item View Item