INVENTARISASI JAMUR DAN BAKTERI PENYEBAB PENYAKIT PADA TANAMAN Aglaonema sp. DI SENTRA BISNIS TANAMAN HIAS KOTA PADANG PANJANG

Viola, Arisandi (2023) INVENTARISASI JAMUR DAN BAKTERI PENYEBAB PENYAKIT PADA TANAMAN Aglaonema sp. DI SENTRA BISNIS TANAMAN HIAS KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aglaonema sp. merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki nilai komersial. Salah satu penyebab rendahnya kualitas dan kuantitas dari tanaman Aglaonema sp. Serangan patogen penyebab penyakit merupakan salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah menginventarisasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada tanaman Aglaonema sp. di Kota Padang Panjang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei lapangan dan pengamatan laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur yang mana tiap kecamatan dipilih 2 lokasi. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria lokasi yaitu minimal mempunyai 20 pot tanaman Aglaonema sp. Pengamatan berupa gejala penyakit pada tanaman dan daun yang ditemukan di lapangan dan kemudian dihitung persentase kejadian penyakit dan daun tanaman terserang. Daun yang bergejala diambil dan diidentifikasi karakteristik makroskopis dan mikroskopis di laboratorium. Hasil penelitian pada tanaman Aglaonema sp. di Kota Padang Panjang memperlihatkan bahwa ditemukan adanya serangan jamur dan bakteri. Penyakit disebabkan oleh jamur yaitu Antraknosa disebabkan oleh Colletotrichum sp. penyakit layu Fusarium oleh Fusarium sp.1 dan Fusarium sp.2 . Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu penyakit busuk daun oleh bakteri Pectobacterium sp. Di Kota Padang Panjang persentase kejadian penyakit Antaknosa yaitu 20,19 -23,85% dengan pesersentase daun terserang berkisar 4,09-6,83%, layu Fusarium berkisar antara 7,50-10,00% dengan persentase daun terserang 2,86-3,96% dan penyakit busuk daun 2,50-9,43% dengan persentase daun terserang 0,84-3,22%. Persentase kejadian penyakit pada tanaman Aglaonema sp. yang disebabkan oleh jamur dan bakteri patogen di Kota padang panjang 12,25% dengan persentase daun tanaman terserang 3,63%. Kata kunci: Colletotrichum sp., Fusarium sp., kejadian penyakit, Pectobacterium sp., penyakit Aglaonema sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:52
Last Modified: 14 Sep 2023 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214044

Actions (login required)

View Item View Item