PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI TERHADAP KANDUNGAN PROKSIMAT RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum) cv. Mott PADA TANAH ULTISOL

Bayu, Syurahmad (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI TERHADAP KANDUNGAN PROKSIMAT RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum) cv. Mott PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (SKRIPSI UTUH)
Skripsi full 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mempelajari efisiensi penambahan pupuk Eco Farming dalam menghemat pupuk N, P dan K dengan melihat kandungan nutrisi rumput gajah mini (Pennisetum purpureum) cv. Mott yang ditanaman pada tanah ultisol. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan rancangan acak kelompok yang terdiri dari 5 perlakuan yang masing- masing perlakuan terdiri dari 4 kelompok. Perlakuan yang diberikan adalah: A=Pupuk kandang + pupuk N, P dan K (kontrol), B=100% dosis kontrol + pupuk hayati, C=75% dosis kontrol + pupuk hayati, D=50% dosis kontrol + pupuk hayati dan E=25% dosis kontrol + pupuk hayati. Parameter yang diamati adalah kandungan protein kasar, serat kasar dan kandungan abu rumput gajah mini cv. Mott. Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA). Hasil analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan memiliki hasil yang tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap kandungan protein kasar, serat kasar dan kandungan abu rumput gajah mini cv. Mott. Rataan kandungan protein kasar pada penelitian ini berkisar antara 16,66% – 17,26%, serat kasar berkisar antara 26,46 – 27,38% dan kandungan abu berkisar antara 14,71 – 15,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan dengan kandungan nutrisi terbaik ada pada perlakuan E yang hanya menggunakan 25% dosis kontrol dan ditambahkan pupuk Eco Farming. Artinya, penggunaan pupuk Eco Farming dapat menghemat penggunaan pupuk N, P, K sampai dengan 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Suyitman, M.P.
Uncontrolled Keywords: Kandungan Nutrisi, Pennisetum purpureum cv. Mott, Pupuk Hayati, Tanah Ultisol.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:17
Last Modified: 13 Sep 2023 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214008

Actions (login required)

View Item View Item