PENGARUH PEMBERIAN RANSUM BERBASIS HAY DAUN MANGROVE (Rhizophora apiculata) DAN TITONIA FERMENTASI (Tithonia diversifolia) TERHADAP KUALITAS KIMIA DAGING KAMBING KACANG PERIODE PERTUMBUHAN

Irhamna, Hayati (2023) PENGARUH PEMBERIAN RANSUM BERBASIS HAY DAUN MANGROVE (Rhizophora apiculata) DAN TITONIA FERMENTASI (Tithonia diversifolia) TERHADAP KUALITAS KIMIA DAGING KAMBING KACANG PERIODE PERTUMBUHAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Skripsi Full Irhamna Hayati)
Skripsi Full Text Irhamna Hayati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian ransum berbasis hay daun mangrove (Rhizophora apiculata) dan titonia fermentasi (Tithonia diversifolia) terhadap kualitas kimia daging kambing kacang periode pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan daging kambing kacang berumur 10 -12 bulan dan sampel daging yang diambil adalah bagian paha belakang (semimembranosus). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Perlakuan pakan yang diberikan kepada ternak yaitu berbasis hay daun mangrove dan titonia fermentasi dengan dosis yang berbeda. Perlakuan P1 = 35% Hay Daun Mangrove (HDM) + 5 % Titonia Fermentasi (TF) + 60% Konsentrat, P2 = 30% HDM + 10% TF + 60% Konsentrat, P3 = 25% HDM + 15% TF + 60% Konsentrat, P4 = 20% HDM + 20% TF + 60% Konsentrat. Peubah yang diamati adalah kualitas kimia daging kambing yang terdiri atas kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kandungan asam lemak daging kambing. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik sederhana untuk mendapatkan jumlah dan rataan, kemudian ditampilkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kimia (kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kandungan asam lemak) daging kambing kacang dengan pemberian ransum hay daun mangrove dan titonia fermentasi dengan dosis yang berbeda disetiap perlakuan dapat memberikan pengaruh yang baik, untuk setiap parameter yang diukur menunjukkan hasil normal dan perlakuan terbaik pada P4 dimana kadar air sebesar 77,02%, kadar protein 16,35%, kadar lemak 1,83% serta asam lemak tak jenuh pada asam oleat sebesar 24,72%. Kata kunci : Daging kambing kacang, hay daun mangrove, kualitas kimia daging, titonia fermentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun, M.Sc Afriani Sandra, S.Pt, M.Sc
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:55
Last Modified: 13 Sep 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213993

Actions (login required)

View Item View Item