EFEKTIVITAS DAN KEAMANAN SALEP MINYAK LARVA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DALAM MENYEMBUHKAN LUKA SAYAT PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) JANTAN

Yona, Afriani (2023) EFEKTIVITAS DAN KEAMANAN SALEP MINYAK LARVA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DALAM MENYEMBUHKAN LUKA SAYAT PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) JANTAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB AKHIR (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
TESIS_YONA AFRIANI_2220421009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Luka merupakan suatu kondisi yang dapat mengakibatkan hilangnya integritas epitelial dari kulit sehingga fungsi kulit terganggu. Penggunaan sediaan topikal komersil dalam penyembuhan luka dapat menimbulkan banyak efek merugikan. Sehingga diperlukan bahan alami yang aman dan efektif dalam penyembuhan luka. Salah satunya adalah penggunaan minyak larva BSF yang dibuat menjadi sediaan salep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan keamanan dari pengaplikasian salep minyak larva BSF (Hermetia illucens L.) pada mencit. Luka yang dikondisikan adalah luka sayat dengan panjang 2 cm dan kedalama 2 mm. Desain percobaan yang diberikan adalah mencit dilukai tanpa perlakuan, kemudian sediaan salep yang dioleskan seperti salep gentamisin, basis salep, dan salep minyak larva BSF dosis 5%, 10%, dan 15%. Perlakuan dioleskan 0,15 g dua kali sehari pada punggung mencit selama 14 hari. Parameter penelitian yang dianalisis meliputi karakteristik salep minyak larva BSF, kandungan senyawa minyak larva BSF, perbaikan morfologi luka dan histologi kulit, kuantitas komponen leukosit, serta gejala toksisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salep minyak larva BSF memiliki karakteristik yang baik berdasarkan standar pengujian salep serta mengandung 14 senyawa asam lemak yang memiliki bioaktivitas antara lain sebagai antiinflamasi, antinosiseptif, antimikroba, antivirus, antifibrotik, antioksidan, serta imunomodulator. Salep minyak larva BSF 5% merupakan dosis terbaik ditinjau dari perbaikan morfologi luka dan histologi kulit serta mampu menormalkan kadar komponen leukosit dalam darah. Penggunaan salep minyak larva BSF tidak bersifat toksik berdasarkan indikator toksisitas. Berdasarkan hasil penelitian, pengaplikasian salep minyak larva BSF sangat berpotensi dalam penyembuhan luka yang berbasis bahan alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: antiinflamasi, asam lemak, luka sayat, salep, dan toksisitas
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:42
Last Modified: 13 Sep 2023 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213963

Actions (login required)

View Item View Item