Desain Primer D-loop dan Karakterisasi D-Loop Serta Gen Cyt b Trenggiling (Manis javanica Desmarest, 1822) Populasi Sumatra Barat

Niken, Februani (2023) Desain Primer D-loop dan Karakterisasi D-Loop Serta Gen Cyt b Trenggiling (Manis javanica Desmarest, 1822) Populasi Sumatra Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Tesis Full)
tesisfull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Populasi Trenggiling (Manis javanica) saat ini terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun dan sudah dikategorikan sebagai satwa kritis. Oleh karena itu, upaya konservasi harus dilakukan, termasuk konservasi genetik. Informasi genetik merupakan salah satu upaya dalam mempertahankan populasi M. javanica. Penelitian D-loop dan gen Cyt b pada DNA mitokondria M. javanica sebelumnya telah dilaporkan. Namun, sebagian besar sampel sitaan yang digunakan tidak diketahui asal populasinya. Tidak diketahuinya populasi mengakibatkan informasi keragaman genetik dan hubungan kekerabatan berdasarkan D-loop dan gen Cyt b masih sangat terbatas. Sehingga, perlu dilakukan analisis informasi genetik sampel M. javanica yang diketahui populasinya serta desain primer spesifik untuk amplifikasi gen target. Tujuan penelitian ini adalah mendesain primer untuk amplifikasi daerah D-loop berdasarkan sekuen target M. javanica dan analisis karakteristik basa nukleotida D-loop dan gen Cyt b M. javanica populasi Sumatra Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan observasi secara molekuler sekuen D-loop dan gen Cyt b M. javanica populasi Sumatra Barat. Primer hasil desain spesifik untuk M. javanica karena memiliki perbedaan basa nukleotida dengan spesies dari genus Manis lainnya. Penelitian ini berhasil mengkarakterisasi D-loop dan gen Cyt b sepanjang 452 bp dan 806 bp. Masing-masing panjang basa nukleotida tersebut terdapat tiga haplotipe dengan dua basa spesifik yaitu pada urutan ke-97 dan ke-452 dan empat haplotipe tanpa basa nukleotida spesifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma, M. Si
Uncontrolled Keywords: DNA mitokondria, Haplotipe, Nucleotide, Manis javanica, Primer spesifik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:02
Last Modified: 13 Sep 2023 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213809

Actions (login required)

View Item View Item