Penerapan Life Cycle Assessment (LCA) Pada Produk Rendang Sapi Dengan Pemasakan Menggunakan Kompor Gas LPG (Studi Kasus Rendang Katuju)

Ferdinansyah, Ferdinansyah (2023) Penerapan Life Cycle Assessment (LCA) Pada Produk Rendang Sapi Dengan Pemasakan Menggunakan Kompor Gas LPG (Studi Kasus Rendang Katuju). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Laporan Full Text)
Laporan full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendang Katuju merupakan salah satu produsen rendang sapi kemasan di Kota Padang. Rendang Katuju menggunakan kompor gas LPG pada proses pemasakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak lingkungan dari proses produksi 1 kg rendang menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) dan memberikan rekomendasi perbaikan pada proses produksi agar semakin ramah lingkungan. Penelitian ini hanya meneliti satu jenis rendang yaitu rendang daging. Proses yang dikaji pada penelitian ini adalah transportasi bahan, preparasi bahan, penghalusan, pemasakan, dan pengemasan. Analisis LCA dilakukan dengan pendekatan gate-to-gate menggunakan aplikasi SimaPro versi 9 dengan metode CML-IA baseline. Hasil yang diperoleh dari analisis pada 1 kg rendang tiap kategori dampak yaitu Global Warming 1,0359 kg CO2 eq, Ozon Layer Depletion 1,1106 × 10-8 kg CFC-11 eq, Human Toxicity 0,0469 kg 1,4-DB eq, Photochemical Oxidation 8,0272 × 10-5 kg C2H4 eq, Acidification 0,00172 kg SO2 eq, dan Eutrophication 0,000464 kg PO4 eq. dampak paling mendominasi yaitu dampak Global Warming sebesar 2,0615 × 10-13. Proses pemasakan dan pengemasan merupakan dua kontributor utama pada setiap kategori dampak. Oleh sebab itu, diberikan rekomendasi perbaikan kepada Rendang Katuju untuk melakukan penggantian LPG ke DME pada proses pemasakan dan melakukan manajemen produksi pada proses pengemasan sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rizki Aziz
Uncontrolled Keywords: CML-IA baseline, Gate-to-Gate, Life Cycle Assessment, Rendang Katuju, Software SimaPro versi 9.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:35
Last Modified: 12 Sep 2023 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213691

Actions (login required)

View Item View Item