Perancangan Antena Mikrostrip Circular Patch 2,4 GHz sebagai Sensor untuk Mendeteksi Larutan Gula dengan Metode Transmisi Langsung

Arini, Jihan Nabila (2023) Perancangan Antena Mikrostrip Circular Patch 2,4 GHz sebagai Sensor untuk Mendeteksi Larutan Gula dengan Metode Transmisi Langsung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT - TUGAS AKHIR - JIHAN NABILA ARINI - 1910953023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada tugas akhir ini dirancang sebuah antena mikrostrip circular patch 2,4 GHz untuk mendeteksi larutan gula dengan menggunakan metode transmisi langsung. Antena ini dirancang dengan teknik pencatuan inset feed. Material substrat yang digunakan adalah FR4 (epoxy) yang memiliki nilai konstanta dielektrik 4,4 dan ketebalan 1,6 mm. Antena dirancang dan disimulasikan pada software Ansoft HFSS 15.0 serta difabrikasi untuk diujikan di laboratorium. Larutan yang digunakan dalam pengujian adalah larutan gula dengan fraksi mol 0-0,030 dengan interval 0,005. Pengujian ini dilakukan untuk mengamati pengaruh fraksi mol glukosa terhadap parameter antena seperti frekuensi, return loss, dan VSWR. Dari data yang didapatkan, kelinearitasan hasil dapat dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linear. Nilai return loss dan VSWR yang didapatkan pada pengujian larutan secara simulasi dan fabrikasi belum menunjukkan adanya kelinearan atau keterkaitan yang kuat dengan perubahan fraksi mol larutan gula. Sedangkan nilai frekuensi yang didapatkan adalah linear dengan koefisien korelasi mendekati 1. Untuk nilai akurasi dan presisi tidak dapat ditemukan karena terdapat grafik yang tidak linear. Dari keseluruhan hasil pengujian dapat diketahui bahwa antena tidak dapat merepresentasikan karakteristik sensor yang ideal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hanalde Andre, S.T., M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:59
Last Modified: 13 Sep 2023 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213687

Actions (login required)

View Item View Item