PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM RANSUM SEBAGAI IMUNOMODULATOR MELALUI BEBERAPA GAMBARAN DARAH AYAM KUB-1

Khairomah, Thahura (2023) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM RANSUM SEBAGAI IMUNOMODULATOR MELALUI BEBERAPA GAMBARAN DARAH AYAM KUB-1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (355kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (399kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun Kersen (Muntingia calabura L.) dalam ransum sebagai imunomodulator melalui beberapa gambaran darah (eritrosit, leukosit dan limfosit) pada ayam KUB-1. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 ekor DOC ayam KUB-1 yang telah diseleksi dari 130 ekor DOC dengan lama penelitian 10 minggu. Perlakuan dimulai pada minggu ke-4 hingga minggu ke-10. Jenis kandang yang digunakan adalah boks sebanyak 20 unit dengan ukuran 75cm x 60cm x 50cm. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah P0= (ransum tanpa penambahan tepung daun Kersen, kontrol) P1= (ransum + 2% tepung daun Kersen), P2= (ransum + 4% tepung daun Kersen), P3= (ransum + 6% tepung daun Kersen), P4= (ransum + 8% tepung daun Kersen). Peubah yang diamati adalah jumlah sel darah merah (eritrosit), jumlah sel darah putih (leukosit) dan jumlah limfosit. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penembahan tepung daun kersen 2% sampai dengan 8% memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit dan leukosit, namun penambahan 6% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase limfosit. Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah eritrosit 2,82 x10⁶/mm³, leukosit 56,28 x10³/mm³ dan limfosit 93% dapat disimpulkan bahwa daun kersen tidak memberikan pengaruh sebagai imunomodulator yang dapat meningkatkan jumlah sel darah ayam KUB-1 karena hanya dapat mempertahankan jumlahnya dalam batas normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drh. Yulia Yellita, MP
Uncontrolled Keywords: ayam KUB-1, daun Kersen, eritrosit, leukosit, limfosit
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:14
Last Modified: 12 Sep 2023 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213669

Actions (login required)

View Item View Item