EKSPLORASI MIKROFLORA ALAMI PADA AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) HIJAU DAN KUNING VARIETAS DALAM (TALL COCONUT) DI KOTA PADANG

Annisa, Murdwiantami (2023) EKSPLORASI MIKROFLORA ALAMI PADA AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) HIJAU DAN KUNING VARIETAS DALAM (TALL COCONUT) DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air Kelapa (Cocos nucifera L) merupakan bagian dari buah kelapa yang berwujud cairan sebagai hasil diferensiasi dari endosperma pada buah kelapa. Varietas kelapa yang paling umum dipasarkan dan dikonsumsi di Kota Padang yaitu kelapa varietas Dalam. Sejauh ini keberadaan mikroflora dalam air kelapa varietas Dalam belum banyak diketahui, untuk itu dilakukan analisis keberadaan mikroflora dari dua variasi kelapa Dalam yaitu kelapa hijau dan kuning. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Maret hingga bulan Juli 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan dan proporsional mikroflora alami pada air kelapa varietas Dalam serta korelasi antara pertumbuhan mikroflora dengan nilai pH dan kadar gula air kelapa. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan data yang didapat dianalisis secara deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan mikroflora yang didominasi oleh golongan bakteri. Pada air kelapa hijau dan kuning memiliki rentang kisaran rata-rata total mikroflora (76,0 - 93,0 x 102 cfu/ml). Di dalam sampel air kelapa hijau ditemukan (pH 5,47, kadar gula 5 % Brix), kemudian sampel air kelapa kuning ditemukan (pH 5,26, Kadar gula 4,6 % Brix). Proporsional kelompok mikroflora spesifik pada air kelapa varietas Dalam juga ditemukan diantaranya mikroflora fermentatif (34,0 – 59,0 x 102 cfu/ml), mikroflora proteolitik (22,0 – 28,0 x 102 cfu/ml), mikroflora selulolitik (47,0 – 54,0 x102 cfu/ml), dan mikroflora lipolitik (9,0 – 13,0 x102 cfu/ml). Pertumbuhan total mikroflora dengan nilai pH dan kadar gula berkorelasi negatif dengan koefisien korelasi -0,994 dan -0,956 (sangat tinggi). Kata Kunci: Cocos nucifera L, kadar gula, nilai pH, proporsional mikroflora, varietas Dalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. phil. nat. Nurmiati Dr. phil. nat. Periadnadi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:22
Last Modified: 12 Sep 2023 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213653

Actions (login required)

View Item View Item