PENGEMBANGAN PRODUK ONDE-ONDE SUBSTITUSI TEPUNG DAUN KATUK (Sauropus androgynus) DAN KACANG HIJAU (Vigna radiata) TERHADAP KANDUNGAN ZAT GIZI DAN UJI ORGANOLEPTIK SEBAGAI MAKANAN SELINGAN BAGI IBU MENYUSUI

Siska, Ulfah Rina (2022) PENGEMBANGAN PRODUK ONDE-ONDE SUBSTITUSI TEPUNG DAUN KATUK (Sauropus androgynus) DAN KACANG HIJAU (Vigna radiata) TERHADAP KANDUNGAN ZAT GIZI DAN UJI ORGANOLEPTIK SEBAGAI MAKANAN SELINGAN BAGI IBU MENYUSUI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan : Menyusui merupakan proses ibu memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi yang dimulai saat bayi baru lahir sampai berusia dua tahun. ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi karena mengandung semua nutrisi, antibodi, hormon dan faktor kekebalan serta antioksidan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Salah satu cara meningkatkan produksi ASI adalah mengonsumsi daun katuk dan kacang hijau yang diolah menjadi makanan selingan bagi ibu menyusui yaitu onde-onde. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan zat gizi dan daya terima produk onde-onde substitusi tepung daun katuk dan kacang hijau sebagai makanan selingan bagi ibu menyusui. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terdapat 1 formula kontrol (F0) dan 3 formula modifikasi (F1, F2, F3) dengan 2 kali pengulangan. Masing-masing formulasi terdiri dari tepung beras ketan, tepung daun katuk dan kacang hijau yaitu 10:1:9 (F1), 10:2:8 (F2) dan 10:3:7 (F3). Uji organoleptik dilakukan kepada 25 orang panelis agak terlatih. Analisis data menggunakan SPSS dengan uji Kruskall Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukan formula onde-onde terpilih adalah formula F3 dengan proporsi tepung beras ketan, tepung daun katuk dan kacang hijau yaitu 10:3:7. Karakteristik onde-onde berwarna sangat hijau tua, aroma agak langu, rasa agak pahit, dan tekstur agak padat. Kandungan gizi onde-onde terpilih dengan karbohidrat 52,23%, protein 10,155%, lemak 21,235%, kadar air 15,24%, kadar abu 1,14%, dan serat kasar 15,36%. Kesimpulan : Formula terpilih pada pengembangan produk onde-onde substitusi tepung daun katuk dan kacang hijau adalah formula F3 dengan proporsi tepung beras ketan, tepung daun katuk dan kacang hijau yaitu 10:3:7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: ibu menyusui, onde-onde, tepung daun katuk, kacang hijau
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:38
Last Modified: 12 Sep 2023 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213652

Actions (login required)

View Item View Item