Analisis Unsur Iklim Dan Faktor Lingkungan Sosial Dengan Kejadian Malaria Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018-2022

Rizki, Noura (2023) Analisis Unsur Iklim Dan Faktor Lingkungan Sosial Dengan Kejadian Malaria Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018-2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Malaria merupakan penyakit menular di wilayah beriklim tropis. API Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan wilayah endemis malaria pada tahun 2022 sebesar 1,46 per 1000 penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara unsur iklim dan faktor lingkungan sosial dengan kejadian Malaria di Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan rancangan studi ekologi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kejadian malaria yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai dan data unsur iklim di BMKG Meteorologi Minangkabau dan BMKG Klimatologi Sicincin, data mobilitas di Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai serta data kemiskinan di Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2018-2022. Analisis data menggunakan uji univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan kejadian malaria mengalami peningkatan setiap bulan Juni hingga Agustus. Hasil analisis kejadian malaria dengan unsur iklim dan faktor lingkungan sosial yaitu temperatur (r=-0,332), curah hujan (r=0,513), dan kepadatan penduduk (r=0,311). Faktor yang paling dominan mempengaruhi kejadian malaria yaitu curah hujan (B=0,036). Variabel yang paling berperan dalam kejadian malaria adalah curah hujan. Disarankan untuk meningkatkan tindakan preventif yaitu membersihkan lingkungan dan memberantas breeding places serta edukasi kesehatan kepada masyarakat pada bulan Juni hingga Agustus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Masrizal, SKM., M.Biomed.
Uncontrolled Keywords: Ekologi, Faktor Lingkungan Sosial, Iklim, Malaria
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Sep 2023 09:34
Last Modified: 12 Sep 2023 09:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213641

Actions (login required)

View Item View Item