OPTIMASI PEMBENTUKAN NANOKOLAGEN DARI DISPERSI KOLOIDAL KOLAGEN KULIT IKAN GABUS (Channa striata) DENGAN METODE DESOLVASI

Della, Rasilla (2023) OPTIMASI PEMBENTUKAN NANOKOLAGEN DARI DISPERSI KOLOIDAL KOLAGEN KULIT IKAN GABUS (Channa striata) DENGAN METODE DESOLVASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 12 September 2024.

Download (129kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 12 September 2024.

Download (48kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 12 September 2024.

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 12 September 2024.

Download (180kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan kolagen menjadi ukuran nano dapat memaksimalkan penyerapan kolagen dalam tubuh. Semakin kecil ukuran partikelnya maka akan semakin mudah untuk menembus lapisan epidermis pada kulit secara transfolikuler. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk nanokolagen dari dispersi koloidal kolagen kulit ikan gabus (Channa striata). Nanokolagen dibentuk menggunakan metode desolvasi dengan variasi rasio dispersi koloidal kolagen dengan etanol (1:1 dan 1:2) dan lama waktu pengadukan (1 dan 2 jam). Kemudian dilakukan analisis ukuran partikel terhadap nanokolagen yang terbentuk dan analisis gugus fungsi terhadap kolagen dan nanokolagen. Hasil optimasi kolagen setelah perlakuan rasio dispersi koloidal kolagen dan etanol 1:1 dengan lama pengadukan 1 jam menunjukkan hasil terkecil rata-rata yaitu 759,4 nm. Pada hasil analisis gugus fungsi, karakteristik gugus fungsi nanokolagen masih menunjukkan karakteristisk gugus fungsi kolagen dengan adanya puncak serapan amida I dan III yang mengidentifikasi struktur sekunder dan bentuk triple helix kolagen. Hal ini menandakan bahwa pembentukan nanokolagen dari dispersi koloidal kolagen dengan metode desolvasi masih memiliki karakteristik gugus fungsi kolagen. Berdasarkan hasil penelitian ini, nanokolagen dapat terbentuk dari dispersi koloidal kolagen menggunakan metode desolvasi dengan ukuran terkecil rata-rata 759,4 nm serta hasil analisis gugus fungsi nanokolagen yang terbentuk masih menunjukkan ciri khas kolagen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.apt. Rini Agustin, M.Si
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Milla Maulina
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:52
Last Modified: 12 Sep 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213614

Actions (login required)

View Item View Item