Analisis Pembangunan Waterfrot City Terhadap Pemenuhan Indikator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar Pengamanan Sampah dan Limbah Cair Rumah Tangga di Kota Pariaman Tahun 2023

Rida, Tartila (2023) Analisis Pembangunan Waterfrot City Terhadap Pemenuhan Indikator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar Pengamanan Sampah dan Limbah Cair Rumah Tangga di Kota Pariaman Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Rida Tartila (1911212048) FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Dalam waktu 5 tahun (selama pembangunan Waterfront City) capaian indikator STBM pilar pengamanan sampah dan limbah cair rumah tangga (pilar 4 dan 5) di Kota Pariaman belum memenuhi target capaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembangunan Waterfront City terhadap pemenuhan indikator STBM pilar 4 dan 5 di Kota Pariaman. Metode Penelitian kualitatif desktripitif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian berjumlah 11 orang yang didapat dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, telaah dokumen, dan observasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan metode serta menggunakan bahan referensi. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam komponen input yaitu, sumber daya manusia belum terkoordinasi dengan baik antar lintas sektor, tidak terdapat kebijakan khusus untuk kegiatan, kekurangan dana, dan sarana prasarana. Permasalahan pada komponen proses diantaranya, perencanaan belum sesuai alur, pelaksanaan belum melibatkan STBM, belum ada tim pengawas dan tingkat partisipasi masyarakat dinilai kurang. Sehingga output belum tercapai secara maksimal. Kesimpulan Terdapat permasalahan pada komponen input, proses, dan output dalam pembangunan Waterfront City terhadap pemenuhan STBM pilar 4 dan 5 di Kota Pariaman. Disarankan kepada setiap instansi yang terlibat untuk berkoordinasi dan melibatkan kegiatan STBM pada pembangunan Waterfront City di Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Azyyati Ridha Alfian, S.K.M., M.K.M.
Uncontrolled Keywords: STBM, Waterfront City, sampah, limbah cair
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:29
Last Modified: 12 Sep 2023 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213598

Actions (login required)

View Item View Item