INOVASI METODA PEKERJAAN JEMBATAN RANGKA BAJA Studi Kasus: Pembangunan Jembatan Ujung Tanah II, Kota Padang, November 1993

Bambang, Istijono (2023) INOVASI METODA PEKERJAAN JEMBATAN RANGKA BAJA Studi Kasus: Pembangunan Jembatan Ujung Tanah II, Kota Padang, November 1993. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Jembatan merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat penting bagi manusia. Jembatan juga berfungsi sebagai penghubung antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Melihat pentingnya fungsi dari suatu jembatan maka pembuatan jembatan harus memenuhi berbagai macam standar yang ada. Salah satu syarat yang harus terpenuhi dalam pembuatan jembatan adalah ketahanan jembatan tersebut dalam menahan beban baik manusia maupun kendaraan yang melintas di jembatan tersebut serta kondisi kesetimbangan statis pada jembatan tersebut. Pembangunan konstruksi sebuah jembatan rangka baja biasanya dilakukan di tempat dimana jembatan tersebut akan berdiri. Tapi kini pembangunan jembatan bisa dilakukan di luar lokasi itu, untuk kemudian digeser ke lokasi sebenarnya. Dan, itu tidak cuma untuk jembatan pendek, tapi juga untuk jembatan panjang. Namun terkadang sebuah kondisi yang tidak memungkinkan pembangunan jembatan secara konvensional, sedangkan disisi lain pembangunan jembatan tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi, metoda alternatif supaya pembangunan jembatan rangka tersebut dapat dilaksanakan. Rangka jembatan tipe Australia bentang 100 meter dirakit diatas jembatan pemeliharaan dan selanjutnya digeser ke lokasi jembatan baru, sebelumnya telah dipersiapkan rel sebagai jalur penggeseran dan kedua kepala jembatan sebagai perletakan jembatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, IPU, ASEAN Eng
Uncontrolled Keywords: Jembatan panjang, rangka jembatan, standard, inovasi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:49
Last Modified: 14 Sep 2023 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213597

Actions (login required)

View Item View Item