ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DENGAN SISTEM TANPA PAKAN HIJAUAN SEGAR DI KECAMATAN LUBUK SIKARAH, KOTA SOLOK (DILIHAT DARI PROSPEK EKONOMI)

A Gressia, Soleda Intan (2023) ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DENGAN SISTEM TANPA PAKAN HIJAUAN SEGAR DI KECAMATAN LUBUK SIKARAH, KOTA SOLOK (DILIHAT DARI PROSPEK EKONOMI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui aspek teknis dan aspek ekonomi pada usaha penggemukan sapi potong dengan sistem tanpa pakan hijauan segar pada usaha Penggemukan Sapi Potong Qurban Heridikson. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study). Studi kasus adalah metode pendekatan dan penelitian sosial yang melakukan analisis suatu kasus dari individu dengan teliti dan lengkap guna memberikan hasil analisis yang intensif dalam meneliti fenomena sosial yang ada. Sapi yang digemukan berjumlah 14 ekor. Pakan yang digunakan pada usaha tersebut adalah jerami padi dan ampas tempe. Total penerimaan peternak sebesar Rp 318.420.000,-/tahun. Pendapatan yang diperoleh peternak sebesar Rp 25.125.000,-/tahun dengan rata-rata perbulan sebesar Rp 2.039.750,-/bulan untuk satu ekor sapi. Total biaya produksi sebesar Rp 293.295.000,-. Selama tahun 2022 peternak mendapatkan keuntungan dengan nilai R/C 1,08. Usaha ini memperoleh keuntungan. Jerami padi yang dimanfaatkan oleh usaha tersebut sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pakan dalam jangka panjang. Adanya pengkajian yang lebih mendalam pada sistem dan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan peternak sangat dibutuhkan. Kata kunci: Sapi Potong, Aspek Teknis, Aspek Ekonomi, Jerami Padi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing: 1. Dr. Nurhayati, S.Pt, MM 2. Prof. Dr. Ir. James Hellyward MS, IPU, Asean Eng
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sapi Potong, Aspek Teknis, Aspek Ekonomi, Jerami Padi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:55
Last Modified: 11 Sep 2023 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213537

Actions (login required)

View Item View Item