OPTIMALISASI PERANCANGAN TURBIN SCREW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO HEAD RENDAH YANG FISH FRIENDLY UNTUK DAERAH PESISIR BENGKULU

Agus, Nuramal (2023) OPTIMALISASI PERANCANGAN TURBIN SCREW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO HEAD RENDAH YANG FISH FRIENDLY UNTUK DAERAH PESISIR BENGKULU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak-1.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Bab I)
2. Bab I (Pendahuluan)-1.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Bab Penutup)
3. Bab Akhir (Kesimpulan)-1.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka-1.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
5. Tugas AKhir Ilmiah Utuh-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan unjuk kerja turbin screw sebagai pembangkit listrik tenaga piko hidro (PLTPH) dengan head rendah memanfaatkan aliran sungai atau irigasi, melalui optimalisasi perancangan turbinnya. Selain turbin ini mempunyai efisiensi yang tinggi yaitu sekitar 80%, turbin ini juga tidak mengganggu kehidupan ikan dan biota lain karena bisa lewat di sudu-sudu turbin saat beroperasi. Prototype turbin yang sudah dibuat melalui penelitian Hibah Bersaing tahun 2016 sejauh ini sudah bisa putaran setinggi 137 rpm dengan daya output sebesar 1,27 watt, yang dihasilkan oleh turbin screw berdiameter 4 inci dengan panjang 0,8 m . Penelitian dilakukan dengan membuat sebuah model turbin screw kemudian mengoperasikan turbin tersebut pada beberapa variasi kemiringan poros turbin (screw). Data yang diambil berupa tegangan listrik yang dihasilkan, putaran poros, beban listrik, kemiringan, serta debit air. Dari data yang dihasilkan dapat dihitung daya serta efisiensi turbin. Data selanjutnya disajikan dalam bentuk grafik torsi vs putaran, daya vs putaran, serta efisiensi vs putaran. Daya maksimum yang dihasilkan pada penelitian ini adalah 297 watt pada sudut kemiringan turbin 19 derajad dengan debit 12,08 lps. Daya yang dihasilkan akan semakin naik dengan bertambahnya kemiringan. Sebagai catatan penting dari hasil penelitian ini adalah daya puncak yang didapatkan pada kemiringan 34 derajad dengan debit air maksimal hingga memenuhi casing silinder turbin screw maka didapatkan daya sebesar watt. Selanjutnya hasil penelitian akan diterbitkan dalam bentuk jurnal pada jurnal ilmiah internasional energy and conversion management dengan judul “The effect of inclination angle on the performance of screw turbine for mycro hydro power generation”.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. INSANNUL KAMIL, M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: Turbin Screw, head rendah, PLTMH, perancangan, pesisir
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:18
Last Modified: 19 Sep 2023 03:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213519

Actions (login required)

View Item View Item