ANALISIS USAHATANI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleorotus ostreatus) PADA KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI (KEP) JAMUR MINANG SEJAHTERA DI KOTA PADANG

Dita, Maharani Yusni Dmk (2023) ANALISIS USAHATANI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleorotus ostreatus) PADA KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI (KEP) JAMUR MINANG SEJAHTERA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Dita Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Jamur Minang Sejahtera dan menganalisis tingkat pendapatan dan keuntungan usahatani jamur tiram putih pada Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Jamur Minang Sejahtera di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Responden pada penelitian ini adalah petani di Kelembagaan Ekonomi Petani Jamur Minang Sejahtera sebanyak 10 petani. Kelembagaan Ekonomi Petani Jamur Minang Sejahtera merupakan salah satu kelompok tani di Kota Padang yang membudidayakan jamur tiram putih sejak tahun 2018 dan terdiri dari 20 anggota petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh pada usahatani jamur tiram di kumbung kelompok Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Jamur Minang Sejahtera adalah Rp 6.419.333,33,- keuntungan yaitu Rp 4.048.698,97,- dan nilai R/C 2,12. Pada usahatani petani anggota Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Jamur Minang Sejahtera diperoleh rata-rata pendapatan yaitu Rp 3.531.933,33,-. Perolehan rata-rata keuntungan yaitu Rp 1.850.223,12. Rata-rata nilai R/C adalah 1,74 artinya usahatani jamur tiram putih layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Devi Analia S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: analisis usahatani, jamur tiram putih, pendapatan, keuntungan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:15
Last Modified: 14 Sep 2023 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213470

Actions (login required)

View Item View Item