PENGARUH DOSIS DAN LAMA WAKTU FERMENTASI PADA TITHONIA (Tithonia diversifolia) DENGAN BAKTERI Lactobacillus bulgaricus TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, VFA, NH3)

Muhammad, Taufiq (2023) PENGARUH DOSIS DAN LAMA WAKTU FERMENTASI PADA TITHONIA (Tithonia diversifolia) DENGAN BAKTERI Lactobacillus bulgaricus TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN (pH, VFA, NH3). Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
2.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TAUFIQ)
SKRIPSI full TAUFIQ.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dosis dan lama waktu fermentasi terbaik dengan Lactobacillus bulgaricus pada daun dan batang tithonia berdasarkan konsentrasi VFA dan NH3 cairan rumen. Materi penelitian ini yaitu tanaman tithonia, bakteri Lactobacillus bulgaricus, larutan Mc.Dougall, cairan rumen, peralatan laboratorium dan zat kimia untuk analisis. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2x3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) A1=2% dan A2=3%. Faktor B (lama fermentasi) B1=1hari, B2=3 hari, dan B3=5 hari. Peubah yang diukur adalah pH, konsetrasi VFA, dan NH3 cairan rumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis ragam dan perbedaan pada masing masing rataan perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya interaksi sangat nyata (P<0,01) antara dosis inokulum dan lama fermentasi terhadap konsentrasi VFA, dan NH3 cairan rumen. Pada masing masing faktor A dan faktor B memperlihatkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsetrasi VFA, dan NH3 cairan rumen. Rataan pH berkisar 6.83 - 6.93, total VFA berkisar antara 125 mM – 145 mM, dan konsentrasi NH3 berkisar antara 11,33 mg/100mL – 14,43 mg/100mL. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tithonia yang difermentasikan menggunakan lactobacillus bulgaricus dengan dosis inokulum 3% dan lama fermentasi 5 hari memberikan hasil terbaik dilihat dari konsentrasi VFA 145 Mm, konsentrasi NH3 14,43 mg/100mL. Kata Kunci: Dosis inokulum, lama fermentasi, lactobacillus bulgaricus, NH3, tithonia diversifolia, VFA

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elihasridas, M. Si
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:04
Last Modified: 12 Sep 2023 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213469

Actions (login required)

View Item View Item