ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN FINANSIAL PLTS ATAP ON GRID DAN OFF GRID PADA GUDANG PENGERINGAN BAWANG MERAH DI NAGARI MATUA MUDIAK, AGAM

Fadlan, Almas (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN FINANSIAL PLTS ATAP ON GRID DAN OFF GRID PADA GUDANG PENGERINGAN BAWANG MERAH DI NAGARI MATUA MUDIAK, AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak TA Fadlan Almas.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I TA Fadlan Almas.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V)
Simpulan dan Saran TA Fadlan Almas.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA Fadlan Almas.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Laporan Tugas Akhir Fadlan Almas 1910953010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Energi listrik merupakan sumber energi yang sangat penting keberadaannya saat ini. Pemanfaatan energi listrik banyak digunakan untuk sektor perumahan, pendidikan, industri dan masih banyak lagi. Matahari merupakan sumber energi yang dapat dikonversi menjadi listrik menggunakan panel surya. Karena PLTS membutuhkan lokasi yang luas dalam pemasangannya maka PLTS atap dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut. Untuk itu dilakukan penelitian menggunakan simulasi HOMER untuk mendapatkan perbandingan kelayakan finansial dari perencaan PLTS atap pada salah satu UMKM gudang pengeringan bawang merah. Penggunaan listrik pada gudang perhari rata-rata mencapai 5.623 kWh/hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan perbandingan simulasi biaya tagihan listrik(CoE) dan NPC antara PLTS atap On Grid dan Off Grid serta menentukan konfigurasi sistem yang kayak berdasarkan nilai NPC dan CoE yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara PLTS atap On Grid dan Off Grid berdasarkan nilai CoE dan NPC yang layak adalah PLTS atap On Grid dengan NPC Rp51,425,012.86 dan CoE Rp731.77/kWh. Untuk konfigurasi sistem adalah 2 unit panel 545 Wp, 1 unit inverter 2 kW, dan grid dari jaringan PT.PLN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Melda Latif, M.T.
Uncontrolled Keywords: PLTS atap, HOMER, NPC, CoE, Payback Period
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:02
Last Modified: 11 Sep 2023 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213397

Actions (login required)

View Item View Item