EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KOTA BUKITTINGGI NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENATAAN DAN PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (DI KAWASAN PASAR ATAS)

Dhea, Ananda Putri (2023) EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KOTA BUKITTINGGI NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENATAAN DAN PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (DI KAWASAN PASAR ATAS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6 (Akhir))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peraturan Daerah Kota Bukittinggi Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL bertujuan untuk memberikan kesempatan berusaha bagi PKL melalui penetapan lokasi sesuai dengan peruntukannya, menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan usaha PKL menjadi usaha ekonomi mikro yang tangguh dan mandiri, serta untuk mewujudkan kota yang bersih, indah, tertib dan aman dengan sarana dan prasarana yang memadai dan berwawasan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi kebijakan penataan dan pemberdayaan PKL khususnya di Kawasan Pasar Atas melihat banyaknya PKL yang berjualan di tempat yang dilarang pemerintah serta tidak berjalan beberapa aturan yang di dalam perda tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sumber data. Keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi menurut Leo Agustino yang terdiri dari lima kriteria yaitu Sumber Daya Aparatur, Kelembagaan, Sarana, Prasarana, dan Teknologi, Finansial, dan Regulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Daerah Kota Bukittinggi Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL khususnya di Kawasan Pasar Atas belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan kebijakan penataan dan pemberdayaan PKL khususnya di Kawasan Pasar Atas menurut kriteria evaluasi kebijakan Teori Leo Agustino. Adapun sasaran serta tujuan dari Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL sendiri belum tercapai. Dari hasil penelitian, Pemerintah Kota Bukittinggi dinilai belum menetapkan lokasi peruntukan untuk PKL seperti belum adanya SK terkait lokasi PKL dan belum maksimal dalam melakukan pemberdayaan PKL. Dapat disimpulkan bahwa sejak diberlakukannya Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL khususnya di Kawasan Pasar Atas hingga saat ini dapat dikatakan gagal dalam pelaksanaannya. Kata Kunci: Evaluasi, Kebijakan, Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:15
Last Modified: 11 Sep 2023 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213392

Actions (login required)

View Item View Item