APLIKASI KOLOM DENGAN KOMBINASI MEDIA PASIR DAN ADSORBEN SERBUK KULIT JAGUNG UNTUK MENYISIHKAN FOSFAT DARI AIR LIMBAH LAUNDRY

Gita, Fatrisia (2023) APLIKASI KOLOM DENGAN KOMBINASI MEDIA PASIR DAN ADSORBEN SERBUK KULIT JAGUNG UNTUK MENYISIHKAN FOSFAT DARI AIR LIMBAH LAUNDRY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full text)
TA_Gita Fatrisia_1910941011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi kolom dengan kombinasi media filter pasir dan adsorben serbuk kulit jagung untuk menyisihkan fosfat dari air limbah laundry. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm dan tinggi 40 cm. Percobaan dilakukan dengan aliran downflow selama 48 jam pada ketinggian bed 30 cm dengan rasio volume pasir dan adsorben serbuk kulit jagung 1:1. Kinerja proses diamati dengan memvariasikan kecepatan alir influen yaitu 1,358 L/s.m2 dan 2,037 L/s.m2 serta variasi media dalam kolom yaitu kondisi terpisah dan tercampur. Sebagai kontrol, percobaan menggunakan kolom dengan media tunggal pasir saja dan serbuk kulit jagung saja juga dilakukan. Konsentrasi fosfat pada efluen dianalisis sebanyak 6 kali dalam 48 jam menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 880 nm. Variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan rata-rata fosfat tertinggi, yaitu 33,566% ± 0,003 diperoleh pada kecepatan alir influen 1,358 L/s.m2 menggunakan kolom dengan media tercampur. Kapasitas adsorpsi terbesar, yaitu 450,180 mg/g ± 1,978 didapatkan pada kecepatan alir influen 2,037 L/s.m2 menggunakan kolom dengan kondisi yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung dalam kondisi tercampur mampu meningkatkan efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi serta memperpanjang masa pakai dari media. Hasil penelitian secara keseluruhan membuktikan bahwa aplikasi kolom dengan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung berpotensi untuk menyisihkan fosfat dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Shinta Indah, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Adsorpsi, air limbah laundry, filtrasi, fosfat, kulit jagung
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:07
Last Modified: 11 Sep 2023 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213378

Actions (login required)

View Item View Item