ANALISIS PENGARUH CASH HOLDING, BONUS PLAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRAKTEK INCOME SMOOTHING YANG DIMODERASI OLEH ASIMETRI INFORMASI (Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2021)

Sari, Fadillah (2023) ANALISIS PENGARUH CASH HOLDING, BONUS PLAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRAKTEK INCOME SMOOTHING YANG DIMODERASI OLEH ASIMETRI INFORMASI (Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2021). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
THESIS_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh cash holding, bonus plan, kepemilikan institusional, dan profitabilitas terhadap praktek income smoothing yang dimoderasi oleh asimetri informasi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian bersumber dari laporan tahunan dan informasi harga saham Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) 2017-2021. Metode analisis menggunakan regresi logistik dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cash holding dan bonus plan tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing. Sementara, Kepemilikan institusi dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Sementara itu asimetri informasi tidak mampu memperkuat hubungan cash holding, bonus plan, serta profitabilitas terhadap income smoothing. Namun asimetri informasi mampu memperlemah hubungan kepemilikan institusi terhadap income smoothing. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu investor dan pemegang saham untuk memahami faktor-faktor yang dapat memaksimalkan perilaku manajemen untuk melakukan perataan laba pada laporan keuangan. Selain itu, calon investor diharapkan dapat menggunakan temuan penelitian ini untuk membantu mereka menilai kondisi perusahaan sebelum mengambil keputusan investasi. Keterbaruan dari penelitian ini adanya variabel asimetri informasi sebagai variabel moderasi. Masih terbatasnya literatur tentang asimetri informasi sebagai variabel moderasi, menjadikan hasil penelitian sangat berkontribusi bagi akademisi dan praktisi bisnis. Selain itu penelitian ini berfokus pada perusahaan yang bergerak dibidang keuangan sebagai sampel sementara penelitian terdahulu berfokus pada perusahaan sektor non-keuangan. Studi selanjutnya mungkin berguna untuk menggunakan variabel lain untuk pemeriksaan perataan laba untuk memberikan temuan tambahan baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elvira Luthan, SE, M.Si, AK, CA
Uncontrolled Keywords: Cash Holding, Bonus Plan, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Income Smoothing, Asimetri Informasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:13
Last Modified: 11 Sep 2023 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213369

Actions (login required)

View Item View Item