KECERNAAN NUTRIEN IN-VITRO TITHONIA (Tithonia diversifolia) FERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus bulgaricus PADA DOSIS DAN LAMA WAKTU YANG BERBEDA

CITRA, CITRA VLOWRENTINO (2023) KECERNAAN NUTRIEN IN-VITRO TITHONIA (Tithonia diversifolia) FERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus bulgaricus PADA DOSIS DAN LAMA WAKTU YANG BERBEDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Pedahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT CITRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KECERNAAN NUTRIEN IN-VITRO TITHONIA (Tithonia diversifolia) FERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus bulgaricus PADA DOSIS DAN LAMA WAKTU YANG BERBEDA Citra Vlowrentino, dibawah bimbingan Dr. Ir Elihasridas, M.Si dan Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis dan lama waktu fermentasi daun dan batang tithonia (Tithonia diversifolia) dengan Lactobacillus bulgaricus yang optimal berdasarkan kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar secara in-vitro daun dan batang tithonia (Tithonia diversifolia). Materi penelitian ini yaitu tanaman tithonia, bakteri Lactobacillus bulgaricus, larutan McDougall, cairan rumen, peralatan laboratorium dan zat-zat untuk analisis. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 2x3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) A1=2% dan A3%. Faktor B (lama fermentasi) B1=1 hari, B2=3 hari dan B3=5 hari. Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering (%), kecernaan bahan organik (%) dan kecernaan protein kasar (%). Data diolah dengan menggunakan analisis keragaman dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya interaksi sangat nyata (P<0,01) antara dosis inokulum dan lama fermentasi terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Pada masing-masing faktor A dan faktor B memperlihatkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar. Rataan kecernaa bahan kering berkisar antara 52,34-59,12%, kecernaan bahan organik berkisar 53,63-60,13%, dan kecernaan protein kasar berkisar 63,67-72%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tithonia yang difermentasi menggunakan Lactobacillus bulgaricus dengan dosis inokulum 3% dan lama fermentasi 5 hari memberikan hasil terbaik berdasarkan kecernaan bahan kering 59,12%, kecernaan bahan organik 60,13% dan kecernaan protein kasar 72.00%. Kata Kunci : Tithonia diversifolia, Lactobacillus bulgaricus, dosis inokulum, lama fermentasi, kecernaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir Elihasridas, M.Si
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:03
Last Modified: 12 Sep 2023 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213319

Actions (login required)

View Item View Item