Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Es Krim Nabati Kacang Arab (Cicer arietinum L.) dengan Penambahan Sari Daun Kelor (Moringa oleifera L.)”

Tara, Smana Amli (2023) Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Es Krim Nabati Kacang Arab (Cicer arietinum L.) dengan Penambahan Sari Daun Kelor (Moringa oleifera L.)”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full Text (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari daun kelor terhadap karakteristik fisikokimia dan sensori es krim nabati kacang arab serta menentukan perlakukan terbaik dari konsentrasi sari daun kelor berdasarkan karakteristik kimia, fisik, dan sensori. Desain eksperimental yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan (A 0%; B 2,5%; C 5%; D 7,5%; E 10%) dan 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analysis of Varience (Anova) yang diikuti dengan uji Duncan’s New Multipe Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan jumlah penambahan sari daun kelor memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada taraf 5% terhadap aktivitas antioksidan, waktu leleh dan penerimaan secara organoleptik warna dan rasa. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap total padatan, protein, lemak, overrun dan penerimaan organoleptik aroma dan tekstur. Perlakuan terbaik dari penambahan konsentrasi sari daun kelor berdasarkan analisis kimia, fisik, dan organoleptiknya adalah perlakuan E (penambahan konsentrasi sari daun kelor 10%) dimana karakteristik kimia es krim yang dihasilkan pada total padatan 47,19%, kadar protein 3,22%, lemak 13,63%, aktivitas antioksidan 59,14%. Karakteristik fisik es krim yang dihasilkan pada nilai overrun 31,99% dan waktu leleh 26,19 menit. Penerimaan terhadap organoleptik warna 4,15 (suka), aroma 3,55 (suka), rasa 4,10 (suka) dan tekstur 4,10 (suka) dan pengujian salmonella negatif/25 g.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Aisman, M.Si.
Uncontrolled Keywords: daun kelor, kacang arab, es krim nabati
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:37
Last Modified: 20 Sep 2023 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213224

Actions (login required)

View Item View Item