Optimalisasi Keakuratan Metode Switching Capacitor Binary Weighted Pada Rancangan Kompensator Daya Reaktif Generator Induksi Terhubung Grid Berbasis PLC

Mhd, Ega Martha (2023) Optimalisasi Keakuratan Metode Switching Capacitor Binary Weighted Pada Rancangan Kompensator Daya Reaktif Generator Induksi Terhubung Grid Berbasis PLC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada generator induksi yang terhubung ke sistem tenaga (grid), proses pembangkitan energi listrik akan membutuhkan daya reaktif yang diserap dari sistem tenaga. Penyerapan daya reaktif dari sistem tenaga akan berfluaktif sesuai dengan perubahan beban dan input mekanik pada generator induksi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan faktor daya, penurunan tegangan dan meningkatkan rugi-rugi saluran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem kompensasi daya reaktif yang dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan generator induksi agar penyerapan daya reaktif dari sistem grid dapat diminimalisir. Metode switching capacitor binary weighted, dimana pensaklaran kapasitor memiliki banyak nilai bertingkat sesuai dengan sistem biner. Metode ini membuat penggunaan kapasitor menjadi lebih efisien karena dapat diatur sesuai kebutuhan menggunakan kontroler berbasis PLC. Dari hasil pengukuran kebutuhan daya reaktif diperoleh kapasitas kapasitor tetap yang dipasang secara delta sebesar 8µF dan kapasitas kapasitor variabel yang akan dipasang secara wye memiliki 5 buah kombinasi nilai yaitu 0,25 µF, 0,5 µF, 1 µF, 2 µF dan 4 µF. Setelah dilakukan proses kompensasi diperoleh penurunan konsumsi daya reaktif dari grid dengan rentang nilai setelah kompensasi sebesar -2,7 VAR sampai 3 VAR. Kompensator yang diaplikasikan telah dapat memenuhi hampir keseluruhan kebutuhan daya reaktif dari generator induksi dengan rata-rata pemenuhan kebutuhan daya reaktif sebesar 99,938 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Refdinal Nazir, Ph.D.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:45
Last Modified: 12 Sep 2023 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213162

Actions (login required)

View Item View Item