Penerapan Kolom Dengan Kombinasi Media Pasir Dan Adsorben Serbuk Sabut Kelapa Pada Penyisihan Detergen Dari Air Limbah Laundry

Shanti, Foury Utami Pputri (2023) Penerapan Kolom Dengan Kombinasi Media Pasir Dan Adsorben Serbuk Sabut Kelapa Pada Penyisihan Detergen Dari Air Limbah Laundry. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyisihkan detergen dari air limbah laundry menggunakan kolom dengan kombinasi media filter pasir dan serbuk sabut kelapa sebagai adsorben. Kolom terbuat dari pipa PVC dengan tinggi 40 cm dan diameter 5 cm. Percobaan dilakukan selama 36 jam dengan aliran downflow pada ketinggian bed 30 cm dengan rasio pasir dan adsorben serbuk sabut kelapa 1:1. Kinerja kolom dipelajari dengan memvariasikan media dalam kolom yaitu dengan kondisi terpisah dan tercampur serta variasi kecepatan alir influen yaitu 2 gpm/ft2 (1,36 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2 (2,04 L/s.m2). Media filter pasir yang digunakan berukuran 0,45-0,55 mm dan media adsorben serbut sabut kelapa berukuran 0,1-0,7 mm. Konsentrasi detergen sebagai MBAS diukur menggunakan metode spektrofotometri UV-VIS dengan panjang gelombang 652 nm. Konsentrasi detergen dalam influen pada air limbah laundry sebesar 11,04 mg/L - 11,34 mg/L. Dari penelitian diperoleh variasi terbaik dalam efisiensi penyisihan rata rata detergen tertinggi yaitu 43,31% pada kolom media tercampur dan kecepatan alir 2 gpm/ft2. Kapasitas adsorpsi terbesar yaitu 120,1 mg/g didapatkan pada kolom media tercampur dengan kecepatan alir 3 gpm/ft2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media pasir dan adsorben serbuk sabut kelapa mampu meningkatkan efisiensi penyisihan detergen dan dapat memperpanjang masa pakai dari media dalam kolom. Analisis statistik menunjukan bahwa variasi kecepatan alir influen dan variasi media dalam kolom memberikan perbedaan signifikan terhadap efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi. Secara keseluruhan, hasil penelitian membuktikan bahwa kolom dengan media filter pasir dan serbuk sabut kelapa sebagai adsorben berpotensi untuk diaplikasikan dalam penyisihan detergen pada air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. SHINTA INDAH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: adsorpsi, air limbah laundry, filtrasi, serbuk sabut kelapa
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:54
Last Modified: 08 Sep 2023 06:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213145

Actions (login required)

View Item View Item