Pengaruh Kinerja Environmental, Social, Governance (ESG) Terhadap Kinerja Perusahaan

Elika, Mahsa Delvina (2023) Pengaruh Kinerja Environmental, Social, Governance (ESG) Terhadap Kinerja Perusahaan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstract)
Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (FULL)
Tesis Full Bab.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh dari kinerja ESG terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan kinerja pasar yang diukur dengan Tobins’ Q. Populasi penelitian ini merupakan seluruh perusahaan publik sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021 berdasarkan data Refinitif Eikon Thomson Reuters. Purposive sampling digunakan untuk mendapatkan sampel penelitian sebanyak 34 perusahaan dengan jumlah observasi penelitian sebesar 170 untuk lima tahun penelitian. Temuan studi ini menunjukkan bahwa bahwa kinerja ESG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) dan kinerja pasar (Tobins’Q). Temuan ini memberikan gambaran bahwa perusahaan yang berfokus pada aspek ESG cenderung mencapai kinerja keuangan dan kinerja pasar yang lebih baik. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut memperoleh legitimasi publik yang dapat meningkatkan kepercayaan, dukungan, dan penerimaan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk investor, konsumen, pemerintah, masyarakat, dan kelompok lainnya. Rekomendasi penelitian diberikan kepada perusahaan agar mengintegrasikan aspek ESG dalam keputusan bisnis dan investor untuk mempertimbangkan aspek ESG dalam keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Raudhatul Hidayah, SE, ME, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Environmental, Social dan Governance (ESG); Kinerja Perusahaan; Kinerja Keuangan (ROA); Kinerja Pasar (Tobins' Q)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:05
Last Modified: 11 Sep 2023 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213105

Actions (login required)

View Item View Item