Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dalam Memediasi Hubungan Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan

Anggela, Sukma Pratiwi (2023) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dalam Memediasi Hubungan Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (Tesis Full Bab)
Tesis Full Bab.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui dan memberi bukti empiris pengaruh pengungkapan CSR dalam memediasi green accounting (environmental performance dan environmental cost) terhadap kinerja keuangan. Sampel penelitian terdiri dari 58 observasi perusahaan sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mengikuti PROPER kementerian lingkungan hidup periode 2019-2021. Pengujian hipotesis menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa environmental performance berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan; environmental cost tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan; environmental performance tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR; environmental cost tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR; pengungkapan CSR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan; CSR tidak mampu memediasi green accounting terhadap kinerja keuangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hanya environemntal performance, yang mampu meningkatkan kinerja keuangan. Semakin tinggi environment performance semakin tinggi pula kinerja keuangan perusahaan karena memperoleh citra baik dimata publik. Sehingga perusahaan perlu mempertahankan pengungkapan environmental performance dalam laporan keuangan dan mempertimbangkan pengungkapan dalam website perusahaan sebagai upaya meningkatkan kinerja keuangan dan citra positif di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Raudhatul Hidayah, SE, ME, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Environmental performance, Environmental cost, CSR, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:34
Last Modified: 13 Sep 2023 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213078

Actions (login required)

View Item View Item