Penyisihan Total Suspended Solid (TSS) Dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom Dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Kulit Jagung

Fadhila, Trivani (2023) Penyisihan Total Suspended Solid (TSS) Dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom Dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Kulit Jagung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover - Abstrak.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TUGAS AKHIR FADHILA TRIVANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji aplikasi dengan kombinasi media filtrasi pasir dan serbuk kulit jagung dalam menyisihkan Total Suspended Solid (TSS) dari air limbah laundry. Serbuk kulit jagung diplih sebagai media tambahan karena terbukti mampu menyisihkan parameter pencemar lain pada air limbah laundry. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm, tinggi 40 cm, dan ketinggian bed media 30 cm dengan rasio pasir dan serbuk kulit jagung 1:1. Variasi kolom yang digunakan adalah kolom dengan kombinasi media terpisah dan tercampur serta kolom berisi pasir saja dan serbuk kulit jagung saja sebagai kontrol. Kecepatan alir influen divariasikan sebesar 2 gpm/ft2 (1,36 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2 (2,04 L/s.m2) dengan aliran downflow selama 48 jam. Media pasir dan serbuk kulit jagung yang digunakan berukuran 0,450 – 0,550 mm dan 0,075 – 0,127 mm. Analisis konsentrasi TSS dalam sampel dilakukan dengan metode gravimetri. Konsentrasi TSS awal sebesar 111 – 112 mg/L. Variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan TSS tertinggi didapatkan pada variasi kolom dengan media terpisah menggunakan kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dengan rata-rata efisiensi penyisihan sebesar 78,38%. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi media pasir dan serbuk kulit jagung mampu meningkatkan efisiensi penyisihan TSS dengan kontribusi kulit jagung sebesar 4,69%. Hasil ini membuktikan bahwa kombinasi media pasir dan serbuk kulit jagung berpotensi diterapkan dalam menyisihkan TSS dalam pengolahan air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Denny Helard
Uncontrolled Keywords: Air limbah laundry, kolom, kombinasi media filtrasi, serbuk kulit jagung, TSS
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:23
Last Modified: 11 Sep 2023 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213076

Actions (login required)

View Item View Item