LAJU INFILTRASI BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN PADA DUA KELAS LERENG DAS BATANG ULAKAN BAGIAN TENGAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Mila, Ihsanova (2023) LAJU INFILTRASI BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN PADA DUA KELAS LERENG DAS BATANG ULAKAN BAGIAN TENGAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS_AKHIR_ILMIAH_MILA_IHSANOVA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat yang berpotensi mengalami bencana alam. Salah satu sungai yang rawan bencana alam di daerah tersebut adalah DAS Batang Ulakan khususnya bagian tengah. Eksploitasi pada DAS akan menimbulkan banyak masalah diantaranya banjir dimusim hujan dan kekeringan dimusim kemarau, penurunan debit air sungai, erosi dan sedimentasi, dan longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju infiltrasi beberapa penggunaan lahan di DAS Batang Ulakan bagian tengah Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan dengan metoda survei dimana pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive sampling pada beberapa penggunaan lahan yaitu lahan sawah, kebun campuran, dan semak belukar, dengan kelerengan 8% - 15% dan 15% - 25%, pada kedalaman 0–20 cm dan 20–40 cm. Parameter yang dianalisis yaitu infiltrasi, tekstur, BV, TRP, bahan organik, dan permeabilitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai laju infiltrasi tertinggi terdapat pada penggunaan lahan semak belukar di kelerengan lahan 8-15% (29,21 cm/jam = sangat cepat), kemudian diikuti oleh kelerengan 15-25% (25,10 cm/jam = sangat cepatt), sawah kelerengan 8-15% (15,27 cm/jam = cepat), kebun campuran kelerengan 8-15% (13,89 cm/jam = cepat), kebun campuran kelerengan 15-25% (13,33 cm/jam = cepat), sedangkan nilai laju infiltrasi yang terendah terdapat pada penggunaan lahan sawah di kelerengan lahan 15-25% (12,60 cm/jam = cepat). Keragaman laju infiltrasi pada beberapa penggunaan lahan dipengaruhi sifat fisika tanahnya (tekstur, berat volume tanah, total ruang pori, bahan organik, dan permeabilitas tanah). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan lahan di bagian tengah DAS Batang Ulakan yang memiliki nilai laju infiltrasi cepat - sangat cepat. Kata kunci : DAS Batang Ulakan, Infiltrasi, Penggunaan lahan, Sifat fisika tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aprisal, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:14
Last Modified: 08 Sep 2023 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213046

Actions (login required)

View Item View Item