Formulasi Film-Forming Gel Yang Mengandung Kolagen Ikan Gabus (Channa Striata) Sebagai Balutan Primer Serta Pengaruhnya Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Derajat II A Pada Mencit Putih Jantan

Sintia, Rahmi Putri (2023) Formulasi Film-Forming Gel Yang Mengandung Kolagen Ikan Gabus (Channa Striata) Sebagai Balutan Primer Serta Pengaruhnya Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Derajat II A Pada Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER+ABSTRAK)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 September 2024.

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 September 2024.

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 September 2024.

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 September 2024.

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
1911012012_Sintia Rahmi Putri_Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 11 September 2024.

Download (3MB)

Abstract

Film-forming gel merupakan salah satu pembaruan dalam pembuatan film balutan luka. Film-forming gel merupakan sediaan gel yang akan berubah menjadi bentuk film ketika diaplikasikan pada permukaan luka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang formula film-forming gel yang mengandung kolagen dari ikan gabus (Channa striata) dan mengevaluasi karakteristik sediaan gel yang dibuat serta pengaruh penggunaannya sebagai balutan primer terhadap penyembuhan luka bakar derajat II A pada mencit putih jantan. Sediaan dibuat dalam dua formula yaitu film-forming gel tanpa kolagen dan film-forming gel mengandung 2% kolagen ikan gabus. Evaluasi sediaan terdiri dari evaluasi sediaan gel, meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas dan sifat alir. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi waktu pembentukan film dan evaluasi film, meliputi organoleptis, tebal film, sifat mekanik, dan daya serap air. Film-forming gel yang dibuat memiliki tampilan yang kental, bening, berbau seperti alkohol dan agak amis untuk yang mengandung kolagen. Memiliki viskositas pada rentang 75 – 81 Poise dan memiliki sifat aliran pseudoplastis. Sediaan ini menghasilkan film yang transparan dan fleksibel. Pengujian pengaruh penggunaan film-forming gel sebagai balutan primer terhadap proses penyembuhan luka dilakukan pada 21 ekor mencit yang dibagi menjadi tiga kelompok. Pada bagian punggung mencit diberi luka bakar derajat II A dan diamati diameter lukanya setiap hari. Hasil uji Duncan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelompok mencit yang diberi film-forming gel yang mengandung 2% kolagen menunjukkan proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dua kelompok lainnya (p<0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Rahmi Nofita R, M.Si
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Milla Maulina
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:01
Last Modified: 12 Sep 2023 02:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212899

Actions (login required)

View Item View Item