ANALISIS WAKTU TUNGGU RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr. ADNAAN WD KOTA PAYAKUMBUH

Gina, Santalia (2023) ANALISIS WAKTU TUNGGU RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr. ADNAAN WD KOTA PAYAKUMBUH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAKT GINA SANTALIA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I GINA SANTALIA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS GINA SANTALIA.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Bab VII)
BAB 7 GINA SANTALIA.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS GINA SANTALIA-Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Nama : Gina Santalia NIM : 2121312009 ANALISIS WAKTU TUNGGU RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr. ADNAAN WD KOTA PAYAKUMBUH TAHUN 2023 xv + 137 Hal + 8 Gambar + 20 Tabel + 16 Lampiran ABSTRAK Waktu tunggu rawat jalan merupakan salah satu indikator mutu nasional dan menjadi tolak ukur mutu pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan yang lama atau lambat, akan menurunkan tingkat kepuasan pasien. Metoda lean healthcare efektif mengurangi waktu tunggu dengan menggunakan proses manajemen waktu tunggu yang tepat sehingga pasien tidak lama menunggu dan merasa puas. Kepuasan adalah perasaan yang muncul (senang atau kecewa) pada seseorang setelah membandingkan kesan atas hasil kinerja dan harapan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis waktu tunggu rawat jalan menggunakan metode Lean healthcare dan hubungannya dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh. Desain penelitian mix metode, campuran kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan sequensial exsplanatory. Sampel penelitian 108 pasien rawat jalan dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan April-Juni 2023. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner kualitas pelayanan model Servqual yang dikembangkan oleh Parasuraman, lembar observasi dan panduan FGD. Data disajikan dengan distribusi frekuensi dan Analisis SEM PLS 3.0. Hasil penelitian terlihat hampir seluruh pasien rawat jalan RSUD dr. Adnaan WD menunggu lama (89,8%), berdasarkan dimensi Reliability, Responsiveness, Empathy, Tangible, Assurance, 92,6% pasien merasa tidak puas. Dimensi emphaty merupakan dimensi paling dominan membentuk variabel kepuasan pasien. Ada hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD dr. Adnaan WD dengan nilai p= 0,045. Pasien melakukan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah selama 174 menit, sedangkan aktivitas yang memberikan nilai tambah selama 15,5 Menit. Pemborosan waktu terjadi pada aktivitas menunggu status rekam medis dan menunggu pelayanan dokter. Ditemukan 7 jenis pemborosan yang terjadi pada alur proses pelayanan di Instalasi Rawat Jalan. Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. Adnaan WD masih termasuk dalam Un-Lean Enterprise (proses tidak efisien) sehingga diperlukan upaya perbaikan salah satunya dengan SIM RS. Kata Kunci: Kepuasan pasien, Lean healthcare, Waktu tunggu, Waste. Daftar Pustaka: 82 (2005-2023)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:37
Last Modified: 07 Sep 2023 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212890

Actions (login required)

View Item View Item