DIGITALISASI DATA DAN ANALISIS DISTRIBUSI GEOGRAFIS JENIS JAHE-JAHEAN (ZINGIBERACEAE) DI SUMATRA BERBASIS SPESIMEN HERBARIUM

Nazifah, Rahmi (2023) DIGITALISASI DATA DAN ANALISIS DISTRIBUSI GEOGRAFIS JENIS JAHE-JAHEAN (ZINGIBERACEAE) DI SUMATRA BERBASIS SPESIMEN HERBARIUM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Zingiberaceae dikenal oleh masyarakat sebagai famili jahe-jahean yang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai tumbuhan obat, bumbu masak, dan penghasil minyak atsiri. Salah satu bukti nyata keberadaan Zingiberaceae adalah spesimen herbarium. Penelitian ini bertujuan memperbarui informasi mengenai jenis- jenis Zingiberaceae di Sumatra, menganalisis ditribusi geografis jenis – jenis Zingiberaceae dan membangun database digital Zingiberaceae di Sumatra berdasarkan spesimen herbarium. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan manajemen herbarium, analisis distribusi geografis dilakukan dengan mengkombinasikan layout peta berdasarkan kondisi geografis menggunakan QGIS 3.10.5 dan informasi data digital diolah menggunakan format Darwin Core. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan informasi jumlah jenis melebihi penelitian sebelumnya yaitu 144 jenis dan 22 genus Zingiberaceae di Sumatra. 23 % diantaranya merupakan tumbuhan endemik Sumatra. Secara administratif, sebanyak 79 % Zingiberaceae paling banyak ditemukan di provinsi Sumatra Barat. Secara geografis, berdasarkan ketinggian Zingiberaceae paling banyak ditemukan pada ketinggian 150-500 m dpl (low elevation hills) dan 500-900 m dpl (medium elevation hills). Berdasarkan tutupan lahan, Zingiberaceae dapat ditemukan di hutan primer, hutan sekunder, hutan bercampur semak dan lahan terbuka. Berdasarkan curah hujan, Zingiberaceae dapat tumbuh dengan baik pada curah hujan yang tinggi, sekitar 2811,5 mm/tahun di Sumatra. Sebanyak 3780 lembar spesimen Zingiberaceae telah didigitalisasi di database offline dan telah disimpan dalam database online berformat Darwin Core. Metadata telah disiapkan dalam format RTF yang berisi paper dan siap dipublikasikan pada GBIF.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Nurainas
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:35
Last Modified: 07 Sep 2023 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212815

Actions (login required)

View Item View Item