Penyisihan Bahan Organik dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom Kombinasi Filtrasi-Adsorpsi dengan Media Pasir dan Adsorben Serbuk Kulit Jagung

Velia, Sanova (2023) Penyisihan Bahan Organik dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom Kombinasi Filtrasi-Adsorpsi dengan Media Pasir dan Adsorben Serbuk Kulit Jagung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyisihkan bahan organik yang terukur sebagai parameter Chemical Oxygen Demand (COD) dari air limbah laundry menggunakan kolom kombinasi filtrasi-adsorpsi dengan media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm dan tinggi 40 cm. Percobaan dilakukan dengan aliran downflow selama 24 jam pada ketinggian bed 30 cm dengan rasio volume pasir dan adsorben serbuk kulit jagung 1:1. Kinerja kolom dipelajari dengan variasi kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 (1,36 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2 (2,04 L/s.m2) serta variasi kondisi media dalam kolom yaitu kolom dengan media terpisah, media tercampur, serta adsorben saja dan pasir saja sebagai kontrol. Konsentrasi COD dianalisis menggunakan spektrofotometer UV-VIS pada panjang gelombang 600 nm. Konsentrasi COD dalam influen adalah 532,33-569,55 mg/L. Dari penelitian diperoleh efisiensi penyisihan rata-rata tertinggi sebesar 54,67% pada kolom dengan media tercampur dengan kecepatan alir influen 2 gpm/ft2, sedangkan kapasitas adsorpsi terbesar sebesar 6.226,76 mg/g pada kolom dengan media tercampur dengan kecepatan alir influen 3 gpm/ft2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung dalam kondisi tercampur mampu meningkatkan efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi serta memperpanjang masa pakai dari media. Hasil menunjukkan bahwa kolom dengan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung berpotensi diaplikasikan dalam penyisihan bahan organik dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Shinta Indah, Ph.D
Uncontrolled Keywords: adsorpsi. air limbah laundry, bahan organik, filtrasi, kolom, serbuk kulit jagung
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:52
Last Modified: 08 Sep 2023 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212785

Actions (login required)

View Item View Item