RASIONALITAS PANGILANG SAKA DALAM AKTIVITAS USAHA GULA MERAH (Studi Kasus di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat)

Miftahul, Jannah (2023) RASIONALITAS PANGILANG SAKA DALAM AKTIVITAS USAHA GULA MERAH (Studi Kasus di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Miftahul Jannah (1810823013).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang rasionalitas pangilang saka dalam aktivitas usaha gula merahnya. Mencakup aktivitas kerja pangilang saka dan toke, klasifikasi pangilang saka, proses produksi hingga pengemasan dan distribusi gula merah, dan pertimbangan-pertimbangan rasional pangilang saka. Subjek penelitian ini adalah pangilang saka di mana pangilang saka yang dulunya menjual hasil produksi gula merah ke pasar tradisional kini lebih memilih menjual hasil produksi gula merah kepada toke dan memilih toke berdasarkan pertimbangan-pertimbangan rasionalnya. Untuk mendapatkan data diambil tujuh informan pelaku dan tiga informan pengamat, jumlah ini dianggap dapat mewakili yang lainnya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang rasionalitas pangilang saka dalam aktivitas usaha gula merah. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pangilang saka di Nagari Bukik Batabuah sudah bersikap rasional, yang pada awalnya pangilang saka menjual hasil produksi gula merah ke pasar tradisional, namun sekarang sudah menjual hasil produksi gula merah ke toke. Toke yang dipilih juga menggunakan pertimbangan rasional seperti memilih toke berdasarkan kesamaaan lokasi bermukim, memilih toke berdasarkan hubungan saling menguntungkan, dan memilih toke berdasarkan harga jual yang lebih tinggi, tentunya dalam hubungan yang terjalin ini memiliki dampak, baik itu positif maupun dampak negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yevita Nurti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rasionalitas, Pangilang Saka, Toke, Gula Merah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:45
Last Modified: 07 Sep 2023 09:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212750

Actions (login required)

View Item View Item