Penyisihan Detergen dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Adsorben Serbuk Kulit Jagung

Adinda, Putri Chania (2023) Penyisihan Detergen dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Adsorben Serbuk Kulit Jagung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Draft Full TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Air limbah laundry pada umumnya mempunyai konsentrasi detergen yang tinggi yang jika tanpa pengolahan dibuang ke lingkungan dapat mengakibatkan pencemaran. Pada penelitian ini dilakukan penyisihan detergen dari air limbah laundry menggunakan kolom dengan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm dan tinggi kolom 40 cm. Percobaan dilakukan dengan aliran downflow selama 24 jam pada ketinggian bed 30 cm dengan rasio pasir dan adsorben serbuk kulit jagung 1:1. Kinerja kolom dipelajari dengan memvariasikan media dalam kolom yaitu dengan kondisi terpisah dan tercampur serta variasi kecepatan alir influen yaitu 2 gpm/ft2 (1,358 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2(2,037 L/s.m2). Konsentrasi detergen (sebagai MBAS) dianalisis menggunakan spektrofotometer dengan panjang gelombang 652 nm. Konsentrasi awal detergen dalam air limbah laundry adalah 11,040 mg/L-11,300 mg/L. Dari hasil penelitian diperoleh variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan detergen rata-rata tertinggi yaitu 47,16% diperoleh pada kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dan kapasitas adsorpsi 119,49 mg/g pada kecepatan alir influen 3 gpm/ft2 menggunakan kolom dengan media tercampur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung mampu meningkatkan efisiensi penyisihan detergen dan dapat memperpanjang masa pakai media dalam kolom. Secara keseluruhan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan kolom dengan kombinasi media pasir dan adsorben serbuk kulit jagung berpotensi untuk dikembangkan dalam penyisihan detergen dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Shinta Indah, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Air limbah laundry, detergen, kolom, kombinasi filtrasi dan adsorpsi, kulit jagung.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:44
Last Modified: 08 Sep 2023 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212731

Actions (login required)

View Item View Item