PENGARUH PERSONAL VALUE TERHADAP WORK-FAMILY CONFLICT PADA DOKTER UMUM WANITA YANG BERKELUARGA DAN BEKERJA DI RUMAH SAKIT

Amalia, Putri (2023) PENGARUH PERSONAL VALUE TERHADAP WORK-FAMILY CONFLICT PADA DOKTER UMUM WANITA YANG BERKELUARGA DAN BEKERJA DI RUMAH SAKIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Profesi dokter umum merupakan profesi dengan beban kerja tinggi yang didominasi oleh wanita yang telah menikah sehingga menjalankan peran ganda antara pekerjaan dan keluarga yang dapat mendorong terjadinya work-family conflict. Salah satu faktor pendorong work-family conflict adalah karakteristik kepribadian pada individu yaitu personal value. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh personal value terhadap work-family conflict pada dokter umum wanita yang berkeluarga dan bekerja di Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis uji Multiple Regression. Subjek pada penelitian ini merupakan 70 orang dokter umum wanita yang berkeluarga dan bekerja di Rumah Sakit di Kota Padang. Subjek pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Peneliti melakukan adaptasi terhadap Work-Family Conflict Scale (WFCS) (α = 0.775 - 0.895) dan Portrait Values Questionnaire 5X Value Survey (PVQ5X Value Survey) (α = 0.560 - 0.842). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personal value berpengaruh signifikan terhadap work-family conflict pada dokter umum wanita yang berkeluarga dan bekerja di Rumah Sakit. Hal ini dapat dilihat pada nilai signifikansinya yaitu sebesar 0.000 (p < 0.05). Personal value memberikan pengaruh sebesar (R2 = 44.8%) terhadap work-family conflict. Penelitian ini juga menemukan bahwa secara parsial nilai achievement, power, hedonism, stimulation, dan self-direction berpengaruh signifikan terhadap work-family conflict pada dokter umum wanita yang berkeluarga dan bekerja di Rumah Sakit (p < 0.05). Sehingga dapat diartikan bahwa personal value mengindikasikan work-family conflict pada dokter umum wanita yang berkeluarga dan bekerja di Rumah Sakit terutama pada beberapa nilai yang memiliki pengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelia Afriyeni, S.Psi., MA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:03
Last Modified: 06 Sep 2023 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212628

Actions (login required)

View Item View Item