Analisis Risiko Pekerjaan dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) pada Departemen Woodyard PT. Riau Andalan Pulp and Paper di Kota Pangkalan Kerinci Tahun 2023

Shah, Nazia Ulmi (2023) Analisis Risiko Pekerjaan dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) pada Departemen Woodyard PT. Riau Andalan Pulp and Paper di Kota Pangkalan Kerinci Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
ABSTRAK DAN COVER.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI SHAH NAZIA ULMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. PT.RAPP merupakan perusahaan produksi pulp dan kertas yang memiliki berbagai tahapan produksi yang berisiko terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pekerjaan pada departemen woodyard di PT. RAPP tahun 2023. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode JSA, dilaksanakan pada Januari-Agustus 2023, Teknik pengumpulan data :wawancara, observasi lapangan, serta telaah dokumen, dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan menghitung nilai risiko dalam bentuk skor. Hasil. Hasil penilaian risiko didapatkan: Pekerjaan Install framing conveyor memiliki 7 potensi bahaya rendah, 28 potensi bahaya sedang, dan 1 bahaya tinggi. Pekerjaan Replace debarking drum shell memiliki 8 potensi bahaya rendah, 38 potensi bahaya sedang, dan 8 potensi bahaya tinggi. Pekerjaan Replace roof and cladding conveyor memiliki 8 potensi bahaya rendah, 14 potensi bahaya sedang, dan 2 potensi bahaya tinggi. Pekerjaan Repair Bark Conveyor memiliki 5 potensi bahaya rendah, 18 potensi bahaya sedang, dan 9 potensi bahaya tinggi. Kesimpulan. Terdapat 20 risiko tinggi, 98 risiko sedang, dan 28 risiko rendah di Departemen Woodyard PT. RAPP. Rekomendasi pengendalian diantaranya: pemberian sign, safety warning, dan barikade pada area kerja, menerbitkan regulasi JSA pada pekerjaan non-rutin, dan meningkatkan pengawasan terhadap kepatuhan pekerja menggunakan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novia Wirna Putri, SKM., MPH
Uncontrolled Keywords: Potensi Bahaya, Analisis Risiko, JSA
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:55
Last Modified: 07 Sep 2023 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212616

Actions (login required)

View Item View Item