ADOPSI INOVASI KOMPOS PADA USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pada Kelompok Peternak Sumber Jaya Kompos di Nagari Pasir Binjai Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan)

M., Ali Ma'sum (2023) ADOPSI INOVASI KOMPOS PADA USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pada Kelompok Peternak Sumber Jaya Kompos di Nagari Pasir Binjai Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER +ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tahapan adopsi dan mengetahui ukuran adopsi inovasi kompos pada kelompok peternak sumber jaya Kompos. Variabel tahapan adopsi dalam penelitian ini terdiri dari kesadaran (awareness), tumbuhnya minat (interest), evaluation, mencoba (trial) dan adoption. Adapun variabel ukuran adopsi terdiri dari kecepatan, luas penerapan, mutu intensifikasi. Penelitian ini dilakukan di Nagari Pasir Binjai Keca matan Silaut dengan metode penelitian studi kasus (case study) menggunakan teknik analisis skala likert, sedangkan untuk responden sebanyak 4 orang yang merupakan jumlah keseluruhan anggota Kelompok Tenak Sumber Jaya Kompos dan untuk perhitungannya mengacu pada teori Suparman (1990). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Peternak Sumber Jaya Kompos sudah melewati tahapan adopsi inovasi yang baik dalam mengadopsi inovasi kompos, adapun rataan skor untuk tahapan adopsi adalah 10,2. Namun, tingkat adopsi inovasi kompos oleh Kelompok Peternak Sumber Jaya Kompos dilihat dari rataan skor yang diperoleh masih tergolong pada kategori kurang dengan rataan skor untuk tingkat adopsi hanya 8,9. Kata kunci : Kelompok Peternak Sumber Jaya Kompos, Adopsi Inovasi Kompos, Tahapan Adopsi, Ukuran Adopsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ediset, S.Pt., M.Si.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:07
Last Modified: 06 Sep 2023 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212581

Actions (login required)

View Item View Item