Perancangan Microstrip Quadrature Hybrid Coupler dengan Modifikasi Bentuk Two-Section untuk Meningkatkan Bandwidth pada Aplikasi 5G Band N40

Bulqis, Yu'an (2023) Perancangan Microstrip Quadrature Hybrid Coupler dengan Modifikasi Bentuk Two-Section untuk Meningkatkan Bandwidth pada Aplikasi 5G Band N40. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Full Text)
Tugas Akhir - Yu'an Bulqis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang suatu quadrature hybrid coupler dengan modifikasi bentuk menjadi dua-bagian (two-section) yang dapat bekerja pada band N40 sehingga dapat diterapkan pada sisi pemancar 5G. Teknologi 5G memiliki kelemahan dalam hal jangkauannya yang pendek. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan teknologi MIMO yang dilengkapi dengan teknologi beamforming agar mampu untuk memusatkan transmisi sinyal yang dikirim secara searah dalam jangkauan yang luas. Salah satu jaringan beamforming yang digunakan yaitu Butler Matrix. Butler Matrix terdiri atas 3 komponen utama, yaitu hybrid coupler, phase shifter, dan crossover. Hybrid coupler merupakan salah satu komponen pasif yang terdiri atas 4 port dan dapat digunakan untuk menghasilkan dua sinyal output dengan perbedaan fasa sebesar 90º atau 180º. Pada tugas akhir ini, hybrid coupler dirancang dengan perbedaan fase sebesar 90º dan memiliki modifikasi bentuk menjadi dua-bagian agar dapat memiliki karakteristik broadband (pita lebar). Substrat yang digunakan yaitu bahan FR4 Epoxy dengan konstanta dielektrik sebesar 4,3 dan ketebalan 1,6 mm. Perancangan hybrid coupler akan disimulasikan menggunakan software CST Studio Suite 2019. Rancangan akhir hybrid coupler memiliki luas total sebesar 3.324,06 mm². Hasil simulasi rancangan coupler modifikasi memiliki kinerja s-parameter dan bandwidth yang lebih baik dibanding rancangan konvensional dengan nilai return loss sebesar –31,51 dB, isolation loss sebesar –37,74 dB, phase coupling sebesar 89,87°, insertion loss sebesar -3,56 dB, coupling sebesar -3,75 dB, dan bandwidth sebesar 1,387 GHz atau meningkat sebesar 17,49% dari rancangan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rudy Fernandez, M.T.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:19
Last Modified: 14 Sep 2023 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212534

Actions (login required)

View Item View Item