Pengaruh Metode Penyimpanan Jerami Padi Yang Disuplementasi Bahan Nutrien Terhadap Kandungan, Kecernaan Fraksi Serat Dan Kecernaan Zat Makanan Sapi Pesisir

Rahmi, Pajriah (2023) Pengaruh Metode Penyimpanan Jerami Padi Yang Disuplementasi Bahan Nutrien Terhadap Kandungan, Kecernaan Fraksi Serat Dan Kecernaan Zat Makanan Sapi Pesisir. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manfaat suplementasi jerami padi dengan molases, urea dan mineral dengan metode penyimpanan tumpuk, gulung dan bungkus terhadap kandungan, kecernaan fraksi serat dan kecernaan zat makanan. Data dianalisis secara statistik dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan untuk penyimpanan jerami dan menggunakan Bujur Sangkar Latin (BSL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan untuk kecernaan sapi Pesisir. Parameter yang diukur yaitu kandungan dan kecernaan fraksi serat dan kecernaan zat makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penyimpanan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kandungan NDF, ADF, Hemiselulosa, selulosa dan Lignin tetapi berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan Silika. Ransum perlakuan yang diberikan ke ternak sapi menunjukkan bahwa metode penyimpanan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan BK, BO, PK dan SK. Ransum perlakuan yang diberikan ke ternak sapi menunjukkan bahwa metode penyimpanan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan NDF, ADF, selulosa tetapi berbeda nyata (P<0,05) terhadap kecernaan hemiselulosa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode penyimpanan dengan cara bungkus mampu menurunkan kandungan silika sampai 12,02 %BK. Pemberian ransum perlakuan jerami bungkus mampu meningkatkan kecernaan. Pemberian ransum perlakuan dengan metode tumpuk, gulung dan bungkus mampu meningkatkan kecernaan hemiselulosa yaitu 67,65, 68,56 dan 69,27% tetapi secara statistik tidak menunjukkan perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc
Uncontrolled Keywords: jerami padi, metode penyimpanan, suplementasi bahan nutrien dan sapi pesisir
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:42
Last Modified: 06 Sep 2023 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212529

Actions (login required)

View Item View Item