Penyisihan Total Suspended Solid (TSS) dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Sabut Kelapa

Rizkita, Aulia Arfi (2023) Penyisihan Total Suspended Solid (TSS) dari Air Limbah Laundry Menggunakan Kolom dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Sabut Kelapa. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULLTEXT RIZKITA AULIA ARFI)
TUGAS AKHIR FULL RIZKITA AULIA ARFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Air limbah laundry perlu diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air karena mengandung kontaminan seperti Total Suspended Solids (TSS). Penelitian ini bertujuan untuk menyisihkan TSS dari air limbah laundry menggunakan kolom dengan kombinasi media filter pasir dan serbuk sabut kelapa dalam kondisi terpisah dan tercampur. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm, tinggi 40 cm dan ketinggian media 30 cm dengan rasio pasir dan serbuk sabut kelapa 1:1. Ukuran partikel media pasir dan serbuk sabut kelapa yang digunakan sebesar 0,45 - 0,55 mm dan 0,106-0,710 mm. Percobaan dilakukan secara triplo dengan aliran downflow pada variasi kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 (1,36 L/s.m2) dan 3 gpm/ft2 (2,04 L/s.m2). Sebagai kontrol, percobaan menggunakan kolom dengan media tunggal pasir saja dan serbuk sabut kelapa saja juga dilakukan. Konsentrasi awal TSS dalam air limbah laundry sebesar 111-112 mg/L. Sampel diambil sebanyak 6 kali dalam 48 jam dan konsentrasi TSS dianalisis menggunakan metode gravimetri. Variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan rata-rata TSS tertinggi yaitu 77% didapatkan dari kolom media terpisah pada kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dimana terjadi penurunan konsentrasi menjadi 7-41 mg/L. Konsentrasi akhir ini sudah memenuhi baku mutu TSS dalam air limbah laundry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media pasir dan serbuk sabut kelapa mampu meningkatkan efisiensi penyisihan TSS dengan kontribusi serbuk sabut kelapa sebesar 3,67% pada kolom dengan media terpisah. Hasil ini membuktikan bahwa proses filtrasi menggunakan kombinasi media pasir dan serbuk sabut kelapa berpotensi untuk diaplikasikan dalam penyisihan TSS dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. SHINTA INDAH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: air limbah laundry, filtrasi, pasir, serbuk sabut kelapa, TSS.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:50
Last Modified: 07 Sep 2023 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212462

Actions (login required)

View Item View Item